CLEO pasang PLTS Atap Xurya untuk terapkan prinsip ESG di perusahaan
Korporasi

8 Pabrik CLEO Milik Konglomerat Hermanto Tanoko Sudah Menggunakan PLTS Atap Xurya

  • Hingga awal 2023, PLTS Atap Xurya sudah terpasang di 8 pabrik CLEO yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA - Produsen air mineral milik konglomerat Hermanto Tanoko, PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) telah memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap dari start up energi, Xurya.

Sejak tahun 2022 lalu, CLEO secara bertahap memasang PLTS Atap di beberapa pabriknya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Hingga awal 2023, PLTS Atap Xurya sudah terpasang di 8 pabrik CLEO yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 

“Pemasangan PLTS Atap ini merupakan salah satu cara perusahaan dalam berkontribusi dan mendukung target pemerintah mengenai bauran EBT," tulis Nio Eko Susilo, Direktur CLEO dalam keterangan resmi, Rabu 10 Mei 2023.

Pemasangan PLTS Atap Xurya di 8 pabrik CLEO memiliki total kapasitas 6,3 juta kWh/tahun atau dapat menekan emisi karbon sebesar hampir 5,7 juta kg setiap tahunnya. Dengan kata lain, kapasitas daya tersebut dapat menekan banyaknya gas emisi yang dihasilkan oleh 545 juta smartphone yang melakukan pengisian daya atau setara dengan kemampuan 70 ribu pohon yang berusia 10 tahun karbon dalam menyerap karbon.

Selain itu, Voda, sister company CLEO juga memasang PLTS Atap Xurya di salah satu pabriknya yang berada di Kediri dengan kapasitas 304 ribu kWh/tahun dan sudah beroperasi sejak akhir tahun 2022 lalu.

Managing Director Xurya, Eka Himawan menjelaskan, kerja sama dengan CLEO didasari pada komitmen pemerintah dalam mencapai tingkat bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23 persen di tahun 2025. 

“Praktik ESG beberapa tahun terakhir ini menjadi sorotan pelaku usaha dan perusahaan. Kami berharap PLTS Atap yang dipasang di delapan pabrik CLEO dapat membantu perusahaan dalam mencapai bisnis yang berkelanjutan dan berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon.”

Sebagai informasi, hingga saat ini, Xurya telah memiliki lebih dari 130 proyek PLTS Atap yang tersebar di Medan, Palembang, Lampung, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Makassar. Proyek PLTS Atap Xurya diperkirakan mampu memproduksi lebih dari 120 juta kWh energi bersih dan membuat lebih dari 2.900 ketersediaan lapangan pekerjaan hijau.