Air Terjun Pantai Pelang (pesisir.net)
Destinasi & Kuliner

8 Rekomendasi Wisata di Trenggalek

  • Kabupaten Trenggalek yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur dikenal dengan pesona wisatanya yang memikat.
Destinasi & Kuliner
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Kabupaten Trenggalek yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur dikenal dengan pesona wisatanya yang memikat. Daerah selatan Trenggalek berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan termasuk dalam kawasan pesisir selatan Pulau Jawa yang terkenal akan keindahan pantainya.

Lantas, wisata apa saja yang berada di Trenggalek?

Bukit Banyon

Negeri di atas awan merupakan sebutan untuk daerah dataran tinggi yang menampilkan pemandangan yang cantik dengan awan dan kabut yang mengapitnya. Bukit Banyon namanya. Julukan negeri di atas awan untuk Bukit Banyon bukan tanpa alasan, karena pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan awan yang memenuhi puncak bukit ini.

Pemandangan awan putih dan hamparan hijau vegetasi akan menyuguhkan pengalaman visual yang memukau bagi para wisatawan. Terletak di Widoro, kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek.

Bukit Banyon (traveloka/Instagram @mlokamlakuchannel)

Bukit ini menghadirkan pemandangan yang memukau saat pagi tiba. Anda akan melihat bukit-bukit yang masih diselimuti oleh kabut dan awan tebal, seolah-olah berada di atas lapisan awan. Kabut ini akan perlahan-lahan menyisih ketika matahari mulai naik. Oleh karena itu, jika Anda ingin menikmati suasana ini, sebaiknya datang sebelum matahari terbit.

Ketika siang tiba, panas matahari mungkin terasa agak menyengat. Namun, jangan khawatir, rimbunnya pepohonan akan memberikan Anda perlindungan. Keindahan lainnya dapat dirasakan ketika memasuki waktu sore dan malam hari. Langit akan perlahan berubah menjadi merah keemasan, kemudian berganti biru, hingga akhirnya menjadi malam yang gelap.

Keindahan gemerlap bintang yang berkilauan adalah alasan mengapa Bukit Banyon disebut negeri seribu bintang. Anda dapat menikmati gemerlap bintang ini sekitar pukul 21.00. Karena sudah malam, disarankan untuk mendirikan camping.

Pantai Cengkrong

Pantai Cengkrong adalah pantai yang memiliki pasir putih dan landai di Watulimo Trenggalek, Jawa Timur. Pantai ini terletak di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, sekitar 75 km dari pusat kota Trenggalek.

Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Prigi dan di sebelah timur Gunung Kumbokarno serta Pantai Damas. Pantai ini mudah diakses karena terletak di sepanjang Jalan Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa yang melintasi Kabupaten Trenggalek.

Pantai Cengkrong (dpmptsp.trenggalekkab.go.id)

Keistimewaan pantai ini terletak pada pasirnya yang lembut, berwarna putih dengan sedikit nuansa kecoklatan, ideal untuk bermain. Di sini, Anda dapat menikmati angin laut yang sejuk sambil duduk santai di bawah pohon.

Ini adalah tujuan wisata yang tak boleh dilewatkan karena keindahannya yang unik. Meskipun berada di pantai selatan, ombaknya tidak terlalu besar seperti pantai selatan pada umumnya. Hal ini disebabkan oleh adanya perbukitan karang yang menahan ombak laut selatan.

Di bagian barat pantai terdapat bukit karang yang menjulang tinggi, dan di bawahnya mengalir sungai air payau dari hutan mangrove. Nelayan memanfaatkan sungai ini sebagai dermaga untuk sandar kapal-kapal mereka.

Pantai Pelang

Pantai Pelang berlokasi di Desa Wonocoyo, Panggul, Trenggalek, Jawa Timur. Di kawasan wisata Pantai ini, terdapat juga atraksi wisata lain, yaitu air terjun yang berjarak sekitar 300 meter dari pantai bagian barat laut. Di sana, Anda dapat menikmati pesona air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter dari permukaan tanah.

Pantai Pelang (pesisir.net)

Untuk pengalaman yang lebih mendalam, Anda bisa menjelajahi sekitar 100 meter lagi ke arah timur, di mana Anda akan menemukan Goa Pelang. Goa Pelang ini masih sangat alami dan memiliki potensi besar untuk dijadikan destinasi wisata alam yang memukau.

Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso adalah salah satu destinasi paling terkenal dan selalu ramai dikunjungi. Pantai ini menawarkan pemandangan pantai berpasir putih yang lembut, serta pohon-pohon yang rimbun sepanjang pantai yang memberikan kesejukan pada siang hari.

Ombak di Pantai Karanggongso relatif tenang dan merupakan daerah yang digunakan oleh nelayan. Pantai ini berada dalam satu garis dengan Pantai Prigi dan Pantai Cengkrong, sehingga banyak perahu nelayan yang berlabuh di sini.

Pantai Karanggongso (tripadvisor)

Ketika Anda mengunjungi Pantai Karanggongso, Anda akan menemukan berbagai kegiatan yang seru dan menarik, seperti berenang, bermain di air dan pasir, dan masih banyak lagi.

Terdapat juga wahana seru seperti naik perahu di sepanjang pantai dan permainan banana boat. Selain itu, ada rumah apung di tengah laut dengan fasilitas dan kegiatan yang menghibur. Jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan matahari terbenam yang memukau.

Pantai Prigi

Pantai Prigi, terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, terletak sekitar 42 kilometer dari pusat kota Trenggalek dan 46 kilometer dari pusat kota Tulungagung. Pantai Prigi telah menjadi destinasi wisata yang terkenal sejak lama.

Pantai Prigi (salsawisata)

Pantai Prigi adalah salah satu tempat wisata bahari, yang memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi unggulan di Indonesia. Pantai ini menyediakan berbagai fasilitas yang dapat memanjakan Anda, seperti tempat berkemah, fasilitas olahraga, penginapan, dan restoran.

Yang menarik, Anda bisa membeli oleh-oleh berupa ikan asap dengan beragam jenis, seperti tuna, kerapu, dan tengiri. Di sekitar area ini, terdapat juga Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN Prigi) dan tempat lelang ikan.

Pantai Kuyon

Pantai Kuyon, yang terletak di Desa Nglebeng, Kecamatan Panggul, kini menjadi tujuan wisata utama yang baru di Kabupaten Trenggalek. Pantai yang indah dengan hamparan sawah di tepi laut memberikan daya tarik tersendiri.

Pantai Kuyon (visitpare)

Pantai ini dikelilingi oleh formasi batu karang yang begitu indah saat matahari terbenam, apalagi sambil menikmati kelapa muda. Sejauh mata memandang, Anda bisa melihat kapal nelayan berlabuh di laut yang biru. Meskipun Anda dapat bermain di air, disarankan untuk tidak berenang terlalu jauh karena ombaknya cukup besar dan berpotensi berbahaya.

Ada banyak lokasi yang bagus untuk menikmati pemandangan, salah satunya adalah di atas bukit karang yang dapat diakses melalui tangga. Namun, jika Anda ingin pengalaman yang lebih mendalam, Anda bisa menjelajahi bukit melalui jalur setapak yang ada.

Banyu Nget

Banyu Nget adalah salah satu tempat wisata alam di Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek yang meliputi area seluas sekitar 7 hektar. Tempat ini dikelola oleh Perhutani dan menawarkan berbagai wahana menarik yang akan memikat para pengunjung.

Banyu Nget diambil dari salah satu area telaga dengan karakteristik air yang lebih hangat secara alami dibandingkan dengan area lainnya. Ini disebabkan oleh air yang alami muncul dari dalam bumi dan memiliki suhu yang lebih tinggi, bukan karena adanya belerang.

Banyu Nget (ksmtour)

Tempat wisata ini menempati lahan yang luas, dengan lingkungan yang sangat segar dan menawarkan pemandangan alam hijau yang memukau. Hutan yang lebat, suasana yang memikat, dan pengaturan area wisata yang rapi.

Di kawasan ini, tersedia berbagai spot wisata alam yang menarik dan seru, termasuk kolam alami yang disebut Banyu Nget, air terjun, goa Grojok, Batu Payung, dan area perkemahan. Salah satu daya tarik utama adalah Air Terjun Urung Kambu dengan ketinggian 20 meter.

Wisata Hutan Kota Trenggalek

Selain udara yang segar dan suasana asri, kawasan hutan kota ini menawarkan nuansa alam pegunungan dan perbukitan yang masih dapat dirasakan meskipun berada di tengah kota.

Wisata Hutan Kota Trenggalek (visitpare)

Di kawasan hutan kota ini, pengunjung dapat melihat pemandangan luas kota Trenggalek dari puncak Gunung Jaas. Pemandangan ini menjadi lebih memukau saat menjelang matahari terbenam.

Namun, untuk mencapai puncak Gunung Jaas, diperlukan tingkat keberanian yang tinggi. Jalur menuju puncak masih berupa jalan setapak yang curam dan berkelok-kelok, serta dihiasi oleh batu cadas di sekitar jalur tersebut. Proses pendakian ini membutuhkan adrenalin yang tinggi, mengingat jalur pendakian terdiri dari jalan setapak yang curam dan berliku.

Itulah beberapa rekomendasi wisata di Trenggalek yang dapat dijadikan referensi untuk mengisi waktu luang atau liburan Anda!