Abraham Licoln
Dunia

8 Upaya Pembunuhan Presiden Amerika, 4 di Antaranya Berhasil

  • Salah satu peristiwa yang paling terkenal adalah kematian Abraham Lincoln, presiden ke-16 Amerika Serikat. Pada malam tanggal 14 April 1865, Lincoln ditembak oleh John Wilkes Booth saat menonton pertunjukan "Our American Cousin" di Ford's Theatre, Washington, D.C.

Dunia

Muhammad Imam Hatami

WASHINGTON - Tak jarang Amerika Serikat sering mengalami  ketegangan politik, sosial, dan ketidakstabilan. Kondisi tersebut berujung pada upaya percobaan pembunuhan terhadap presiden Amerika Serikat. Tak hanya sekali, dua kali, Presiden Amerika Serikat berulangkali mengalami percobaan Pembunuhan. 

Dari percobaan yang mengakibatkan kematian hingga percobaan yang gagal berikut adalah beberapa upaya untuk merenggut nyawa presiden Amerika Serikat,

Pembunuhan yang Menewaskan Tewaskan Presiden AS

Abraham Lincoln

Salah satu peristiwa yang paling terkenal adalah kematian Abraham Lincoln, presiden ke-16 Amerika Serikat. Pada malam tanggal 14 April 1865, Lincoln ditembak oleh John Wilkes Booth saat menonton pertunjukan "Our American Cousin" di Ford's Theatre, Washington, D.C. Booth, seorang aktor yang pro-Konfederasi, menyusup ke dalam teater dan menembak Lincoln di kepala sebelum melarikan diri. 

Lincoln meninggal dunia keesokan harinya, pada tanggal 15 April 1865, kematiannya menjadi salah satu tragedi terbesar dalam sejarah Amerika, yang memperburuk suasana pasca-perang saudara.

James A. Garfield

James A. Garfield merupakan presiden ke-20 Amerika Serikat. Pada tanggal 2 Juli 1881, Garfield ditembak oleh Charles J. Guiteau di stasiun kereta api Washington, D.C. 

Guiteau, yang tidak puas dengan keputusan politik yang kala itu, menembak Garfield di punggung dan bahu. Garfield mampu bertahan selama beberapa bulan, namun akhirnya meninggal pada tanggal 19 September 1881 setelah berjuang melawan infeksi yang disebabkan oleh luka tembaknya. 

William McKinley

William McKinley, merupakan presiden ke-25 Amerika Serikat,McKinley juga menjadi sasaran percobaan pembunuhan. Pada tanggal 6 September 1901, McKinley ditembak oleh Leon Czolgosz saat menghadiri Pameran Pan-Amerika di Buffalo, New York. 

Czolgosz, seorang anarkis yang marah terhadap kebijakan McKinley, menembakkan dua peluru ke arah presiden. McKinley meninggal dunia pada tanggal 14 September 1901 setelah menderita komplikasi yang disebabkan luka-lukanya. Peristiwa ini juga menjadi dasar reformasi keamanan untuk melindungi kepala negara Amerika Serikat.

 John F. Kennedy

Peristiwa tragis yang paling dikenal dalam sejarah modern adalah kematian John F. Kennedy, presiden ke-35 Amerika Serikat. Kennedy ditembak oleh Lee Harvey Oswald pada tanggal 22 November 1963 saat melakukan parade di Dallas, Texas. 

Kennedy meninggal dunia seketika akibat tembakan yang mengenai kepalanya. Kematian Kennedy mengguncang negara dan melahirkan berbagai teori konspirasi yang masih dibahas hingga saat ini.

Percobaan Pembunuhan yang Gagal

Theodore Roosevelt

Tidak semua upaya untuk membunuh presiden berakhir dengan kematian. Theodore Roosevelt, mantan presiden yang saat itu berkampanye untuk masa jabatan ketiga sebagai kandidat Partai Progresif, selamat dari percobaan pembunuhan pada tanggal 14 Oktober 1912.

John Flammang Schrank menembak Roosevelt di Milwaukee, Wisconsin, tetapi peluru yang mengenai dada Roosevelt tidak menyebabkan luka fatal. Meski terluka, Roosevelt tetap melanjutkan pidatonya dengan tenang sebelum mendapatkan perawatan medis.

Franklin D. Roosevelt

Franklin D. Roosevelt, calon presiden yang akan dilantik pada tahun1933, juga menjadi target percobaan pembunuhan. Pada tanggal 15 Februari 1933, Giuseppe Zangara mencoba menembak Roosevelt di Miami, Florida. 

Meskipun Roosevelt selamat dari serangan tersebut, Walikota Chicago Anton Cermak, yang juga menjadi sasaran Zangara, meninggal dunia beberapa hari kemudian akibat luka-luka yang di derita. 

Harry S. Truman

Pada tanggal 1 November 1950, Presiden Harry S. Truman menjadi target percobaan pembunuhan oleh dua nasionalis Puerto Rico, Oscar Collazo dan Griselio Torresola. 

Mereka mencoba menyerbu Blair House, tempat Truman tinggal sementara selama renovasi Gedung Putih. Percobaan tersebut gagal setelah terjadi baku tembak dengan petugas keamanan, yang mengakibatkan kematian Torresola, Truman selamat tanpa cedera.

Ronald Reagan

presiden ke-40, Amerika Serikat, Ronald Reagan, hampir menjadi korban percobaan pembunuhan pada tanggal 30 Maret 1981, ketika John Hinckley Jr. menembaknya di Washington, D.C. 

Hinckley yang terobsesi dengan aktris Jodie Foster, berusaha membunuh Reagan untuk menarik perhatian Foster. Reagan selamat setelah menjalani operasi, tetapi beberapa orang lainnya, termasuk Sekretaris Pers James Brady, terluka dalam insiden tersebut.