Acara talkshow #SerunyaBerbagi yang diselenggarakan TikTok di Jakarta, Selasa, 26 Maret 2024.
Tekno

80 Persen Pengguna Cari Konten Hiburan saat Ramadan, TikTok Sediakan Beberapa Fitur Baru

  • Kampanye #SerunyaBerbagi diinisiasi oleh platform milik ByteDance Ltd ini mengingat adanya studi dari TikTok Ramadan Insight yang mengemukakan temuan bahwa 80% pengguna platform cenderung mencari konten hiburan untuk mengisi waktu di bulan Ramadan.
Tekno
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – Menyambut bulan Ramadan tahun ini, TikTok menggelar kampanye terbaru dengan tema #SerunyaBerbagi. Dalam kampanye ini, TikTok mengajak pengguna untuk berbagi inspirasi dan hiburan, serta dorongan untuk berbagi kebaikan selama bulan suci Ramadan. 

Kampanye #SerunyaBerbagi diinisiasi oleh platform milik ByteDance Ltd ini mengingat adanya studi dari TikTok Ramadan Insight yang mengemukakan temuan bahwa 80% pengguna platform cenderung mencari konten hiburan untuk mengisi waktu di bulan Ramadan.

Menurut Faris Mufid, Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia, setiap tahun TikTok menjadi ruang inklusif bagi pengguna untuk saling berbagi inspirasi seputar Ramadan secara kreatif. 

Pengguna dapat berbagi berbagai hal, mulai dari resep berbuka puasa, tips memilih baju Lebaran, tempat ngabuburit bersama teman, hingga momen silaturahmi bersama keluarga. 

“Semangat ini menginspirasi kami untuk kembali menghadirkan berbagai aktivitas dan fitur seru pada Ramadan tahun ini melalui kampanye #SerunyaBerbagi,” ujar Faris dalam acara talkshow #SerunyaBerbagi di Jakarta, Selasa, 26 Maret 2024.

Dalam kampanye #SerunyaBerbagi, TikTok menyediakan berbagai fitur dan kegiatan seru untuk menemani pengguna menjalani ibadah puasa dengan penuh kebahagiaan. 

Salah satu fitur baru yang diluncurkan adalah 'Stiker Donasi'. Stiker ini dapat digunakan oleh kreator dalam video, siaran LIVE, dan laman profil mereka untuk mengajak pengguna berdonasi ke lembaga non-profit yang bekerja sama dengan TikTok. 

Donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui platform pemberian amal global, Percent, kepada beberapa lembaga non-profit terkemuka di Indonesia seperti Yayasan Benih Baik Indonesia, YCAB Foundation, Edufarmers, Platform Usaha Sosial (PLUS), dan Foodbank of Indonesia (FOI). 

Melalui fitur 'Stiker Donasi', pengguna dapat memilih lembaga dan program pemberdayaan yang ingin mereka dukung, mulai dari pendidikan, UMKM, lingkungan, hingga penanganan masalah pangan.

Selain fitur 'Stiker Donasi', TikTok juga mengajak para kreator dan komunitas untuk ikut berdonasi melalui serangkaian aktivitas seru di TikTok LIVE. 

Dengan menyelesaikan tantangan yang disediakan, pengguna dapat berkontribusi membantu TikTok LIVE mencapai misinya untuk memberikan donasi kepada lembaga non-profit terpilih.

Selain berdonasi, TikTok juga menggelar challenge untuk mengisi momentum bulan suci Ramadan dan Hari Raya Lebaran. Challenge ini terbuka untuk kreator dan pengguna TikTok. 

Mereka diajak untuk menyebarkan inspirasi melalui video hiburan, kisah inspiratif tentang berbagi kebaikan, resep dan tips kuliner khas Ramadan, serta video fesyen dan dekorasi bernuansa Ramadan. 

Untuk mengikuti challenge ini, pengguna harus membuat minimal dua video kreatif berdurasi 60 detik atau menggunakan fitur photo-mode sesuai kategori yang dipilih, kemudian mengunggahnya ke TikTok dengan tagar #SerunyaBerbagi. 

Tiga kreator dengan video terbaik berkesempatan memenangkan hadiah menarik berupa Tunjangan Hari Raya (THR) hingga Rp15 juta. Periode challenge berlangsung mulai dari 9 Maret hingga 15 April 2024.

Dengan rangkaian inisiatif ini, TikTok menunjukkan bagaimana kreatornya aktif berkontribusi dalam menciptakan konten kreatif yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan nilai tambah bagi komunitas, terutama selama bulan Ramadan.