<p>Pedagang menata bingkisan lebaran yang dijual di kios Parcel musiman kawasan Cikini, Jakarta, Kamis, 6 Mei 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

9 Bisnis yang Cuan Saat Lebaran, Tak Sekadar Kue dan Hampers

  • Menjelang Lebaran, sejumlah warga mencoba peruntungan dengan membuka peluang bisnis baru. Hal itu memanfaatkan roda ekonomi yang berputar untuk membeli keperluan hari raya.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA – Menjelang Lebaran, sejumlah warga mencoba peruntungan dengan membuka peluang bisnis baru. Hal itu memanfaatkan roda ekonomi yang berputar untuk membeli keperluan hari raya. 

Beragam ide bisnis berikut ini memiliki peluang besar untuk diminati pelanggan. Berikut di antaranya:

Bisnis Kue Lebaran

Bisa dimodifikasi dengan rasa yang kekinian seperti aneka kue kering dengan rasa matcha atau oreo membuat kreasi kue kering ini memilki banyak peminat.

Dengan potensi keuntungan yang menjanjikan, kue kering memiliki berbagai varian yang sangat diminati ketika Hari Raya Idulfitri tiba. Penambahan sentuhan rasa yang kekinian seperti matcha atau oreo dalam kreasi kue kering ini semakin menarik minat banyak orang. Di samaping itu, kemasan kue yang menarik dan unik akan menarik minat pembeli.

Jasa Rental Kendaraan

Mudik merupakan salah satu tradisi Hari Raya Idulfitri. Ada berbagai pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk perjalanan mudik dari kota ke kota atau bahkan antar pulau.

Untuk memastikan kenyamanan selama mudik, banyak orang lebih memilih menggunakan mobil pribadi daripada menggunakan transportasi umum. Kondisi ini membuat bisnis rental kendaraan sangat diminati saat musim mudik tiba.

Custom Amplop Angpao

Amplop lebaran merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak saat Hari Raya tiba. Karena itulah, banyak desain amplop yang lucu dan menarik dibagikan kepada mereka sebagai bagian dari perayaan Idulfitri.

Oleh karena itu, memanfaatkan peluang untuk membuka usaha custom amplop angpao Idulfitri dapat menjadi langkah yang menguntungkan.

Busana Muslim

Tradisi memakai pakaian baru saat lebaran menjadi kebiasaan yang sangat melekat dalam budaya Indonesia. Bisnis busana Muslim menjadi salah satu peluang besar yang dapat memberikan keuntungan besar menjelang lebaran.

Selain dipakai saat Hari Raya, pakaian Muslim seringkali menjadi pilihan dalam acara-acara seperti buka bersama atau kegiatan keagamaan seperti kajian.

Bisnis Parcel/Hampers  

Di bulan suci ini, banyak orang saling berbagi hadiah dengan orang-orang terdekat dalam lingkungan mereka. Berbagai macam barang unik bisa diberikan pada momen ini, seperti perlengkapan ibadah, set peralatan makan, kue basah atau kering, buah-buahan, dan makanan khas lebaran.

Salah satu ide bisnis yang dapat dimanfaatkan menjelang lebaran adalah bisnis parcel atau hampers. Anda bisa memulai dengan membuat produk berdasarkan pesanan atau membuat stok lebih banyak untuk dijual secara langsung.

Bisnis bunga

Siapa yang suka menghias rumah dengan bunga menjelang Lebaran? Tidak hanya untuk memberikan aroma harum, menghias rumah dengan bunga juga dapat meningkatkan estetika setiap ruangan. Itulah mengapa berbisnis dengan menjual bunga bisa menjadi pilihan yang menarik.

Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Salah satu usaha yang pasti mengalami peningkatan pada saat lebaran adalah jasa penitipan hewan peliharaan. Mengapa? Karena sulit untuk membawa hewan peliharaan saat mudik ke kampung halaman. Oleh karena itu, pemilik hewan peliharaan akan sementara meninggalkan hewan kesayangannya selama perjalanan mudik lebaran.

Beberapa keuntungan dari ide bisnis menjelang lebaran ini antara lain kurangnya pesaing dalam bisnis ini, pangsa pasar yang cukup luas terutama di kota-kota besar, modal yang fleksibel sesuai dengan skala bisnis yang dijalankan, dan bisa menjadi hobi yang menguntungkan.

Jasa Tukar Uang

Lebaran identik dengan THR. Biasanya kita akan membagikan uang ke ponkana, sepupu, atau lainnya, bukan? Maka dari itu, permintaan untuk uang baru atau receh meningkat menjelang hari lebaran. Namun, pada saat-saat tersebut, bank-bank cenderung ramai dan pembatasan penukaran berlaku setiap harinya.

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan membuka jasa penukaran uang. Siapkan berbagai nominal uang, mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000. Dalam menetapkan biaya jasa ini, Anda bisa memberikan biaya jasa setidaknya 10% untuk setiap transaksi berdasarkan jumlah uang yang ditukar.

Bisnis Travel Lebaran

Selain berkunjung ke rumah sanak saudara, Hari Raya umumnya dimanfaatkan oleh keluarga untuk berlibur bersama ke temoat wisata. Oleh karena itu, bisnis travel lebaran dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Anda dapat menawarkan paket perjalanan ke tempat-tempat wisata terkenal baik di dalam maupun di luar negeri.

Sebelum meluncurkan paket tersebut, lakukan survei terlebih dahulu ke beberapa destinasi yang akan dikunjungi. Pastikan konsumen bisa mendapatkan tempat karena biasanya tempat wisata akan penuh di hari lebaran. Jika diperlukan, Anda dapat menjalin kerja sama dengan pengelola tempat wisata tersebut.

Itulah beberap bisnis yang ramai di lebaran kali ini.