Pedagang menunggu pembeli di kiosnya yang menjual beragam pernak-pernik di kawasan Pecinan-Pancoran Glodok, Jakarta, Kamis, 20 Januari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Gaya Hidup

9 Bunga Khas Tahun Baru Imlek Dipercaya Bawa Keberuntungan di 2023

  • Inilah deretan bunga khas Tahun Baru Imlek yang dipercaya dapat membawa keberuntungan tahun 2023.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Perayaan Tahun Baru Imlek 2023 ini tentu kental dengan berbagai tradisi. Selain itu, ada banyak tradisi termasuk bunga yang dianggap membawa keberuntungan.

Berikut beberapa bunga khas Tahun Baru Imlek yang bisa dijadikan dekorasi serta dipercaya bawa keberuntungan di 2023.

Bunga Khas Tahun Baru Imlek Dipercaya Bawa Keberuntungan

1. Tanaman Willow - Simbol Pertumbuhan dan Kemakmuran

Kuncup pada tanaman willow terlihat indah dan hampir seperti sutra serta mengeluarkan tunas hijau. Bunga ini merupakan tanda pertumbuhan dan melambangkan datangnya kemakmuran.

2. Lucky Bamboo - Simbol Kekuatan

Tanaman lucky bamboo merupakan simbol atas kekuatan. Biasanya pohon ini dibengkokkan, dipelintir, dan diputar-putar menjadi berbagai bentuk. Tanaman ini juga dihiasi dengan pita merah dan ornamen keberuntungan.

3. Anggrek - Simbol Kesuburan dan Kelimpahan

Selama Tahun Baru Imlek, pasar atau toko bunga mana pun akan dihiasi banyak karangan bunga, pot, dan tanaman anggrek dengan variasi dan warna yang tidak terbatas. Anggrek merupakan bunga yang bertekstur halus, terlihat indah dan anggun serta telah lama dianggap sebagai simbol ‘banyak anak’ atau kesuburan dan kelimpahan. 

4. Bunga Persik - Simbol Kemakmuran dan Pertumbuhan

Bunga persik memang sangat populer saat ini terutama untuk dekorasi. Hal ini karena bunga persik mampu melambangkan romansa, kemakmuran, dan pertumbuhan. Selain itu, bunga ini juga populer di kalangan anak muda yang lajang dan sedang mencari cinta.

5. Tanaman ini juga dianggap suci di Tiongkok. Buah persik mewakili umur yang panjang dan memiliki buah dan bunga yang sangat penting sampai saat ini.

6. Bunga Prem - Simbol Ketahanan dan Keberanian

Bunga berwarna merah muda cerah ini melambangkan ketekunan dan keandalan, dua ciri penting agar bisa sukses dalam hidup. Bunga ini adalah salah satu bunga simbolis terpenting bagi warga Tionghoa. Bunga prem melambangkan ketahanan dan keberanian. 

7. Bunga Peony - Simbol Kekayaan dan Kedamaian

Bunga yang indah ini memang diasosiasikan dengan kecantikan yang feminin, kepolosan, kasih sayang, dan pesona. Selain itu, bunga peony dikenal sebagai bunga kekayaan dan kehormatan, sedangkan bunga peony berwarna merah dianggap sangat menguntungkan.

8. Bunga Narcissus - Simbol Keberuntungan dan Kemakmuran

Bunga ini adalah simbol keberuntungan dan kemakmuran serta memiliki penampilan halus yang unik. Bunga narcissus menjadi salah satu bunga paling menguntungkan di Tahun Baru Imlek dan bisa tumbuh di wadah yang berisi air dan kerikil yang dangkal dan berbau harum.

9. Bunga Flamingo Lily - Simbol Kemakmuran

Bunga flamingo lily berwarna merah atau merah muda memang sering disukai untuk perayaan Tahun Baru Imlek. Hal ini karena bunga tersebut dianggap sebagai bunga keberuntungan dan melambangkan kemakmuran.

Itu tadi deretan bunga khas Tahun Baru Imlek yang dipercaya dapat membawa keberuntungan tahun 2023.