Bill Gates.
Rumah & Keluarga

9 Kebiasaan Akhir Pekan Orang Sukses di Dunia

  • Setelah disibukkan dengan rutinitas dan aktivitas di hari kerja, akhir pekan menjadi waktu yang sangat dinanti-nantikan. Sebab hal tersebut Anda bisa memanfaatkan waktu untuk menghilangkan stres atau menjadikan waktu tersebut untuk refreshing sebelum memulai awal minggu kembali.

Rumah & Keluarga

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Biasanya, ketika hari Jumat tiba, seseorang akan merasakan kebahagiaan karena segera akan beristirahat dari rutinitas yang melelahkan. Bakhan, orang-orang akan segera menyelesaikan pekerjaannya.

Hari Jumat juga dianggap sebagai hari awal akhir pekan, karena sore harinya setelah bekerja, banyak orang menganggapnya sebagai awal liburan untuk hari Sabtu dan Minggu.

Setelah disibukkan dengan rutinitas dan aktivitas di hari kerja, akhir pekan menjadi waktu yang sangat dinanti-nantikan. Sebab hal tersebut Anda bisa memanfaatkan waktu untuk menghilangkan stres atau menjadikan waktu tersebut untuk refreshing sebelum memulai awal minggu kembali.

Begitu pula dengan orang-orang sukses di dunia yang memiliki cara sendiri untuk menikmati akhir pekannya. Dilansir dari Life Hack, berikut kebiasaan akhir pekan orang-orang sukses di dunia. Yuk, simak!

Kebiasaaan Akhir Pekan Orang-Orang yang Sukses di Dunia

Berikut beberapa kebiasaan akhir pekan orang sukses di dunia:

1. Robert Iger: Bangun Pagi

CEO Disney ini memiliki kebiasaan bangun lebih pagi setiap hari. Ia bangun pada pukul 4.30 pagi. Bob memulai harinya dengan berolahraga untuk menyegarkan pikiran sambil mendengarkan musik. Setelah itu, ia melanjutkan aktivitas dengan membaca koran, memeriksa email, dan menonton televisi sebentar.

Bob menyebutnya sebagai waktu tenang, meskipun dalam waktu tersebut ia telah menyelesaikan banyak hal sekaligus, seperti yang dilaporkan oleh New York Times.

Orang-orang yang sukses tidak suka bangun kesiangan, bahkan di hari Minggu. Penelitian menunjukkan bahwa otak paling tajam dua setengah hingga empat jam setelah bangun tidur.

2. Benjamin Franklin: Memiliki Rencana

Benyamin Franklin dikenal sebagai salah satu Bapak Pendiri Amerika Serikat, tetapi ia juga merupakan seorang penemu, penulis, pengusaha, dan diplomat yang sukses. Pertanyaan yang diajukan Benjamin Franklin pada dirinya sendiri setiap pagi, “Apa yang harus saya lakukan hari ini?”

Orang-orang yang sukses tahu pentingnya tujuan harian—termasuk akhir pekan. Tentu, akhir pekan dapat menjadi waktu untuk peremajaan (yang terencana dan bertujuan)

3. Timothy Ferris: Jangan Mengerjakan Banyak Tugas Sekaligus

Melakukan banyak tugas sekaligus sudah dianggap usang. Anda mungkin merasa tergoda untuk memaksimalkan produktivitas di akhir pekan dengan melakukan beberapa hal sekaligus, seperti berlari di atas treadmill. Namun, orang-orang sukses menyadari bahwa multitasking justru mengurangi efisiensi dan efektivitas.

Sebaliknya, fokuslah sepenuhnya pada setiap aktivitas yang dilakukan. Ferris menyarankan untuk menetapkan maksimal dua tujuan atau tugas per hari agar produktivitas dan pencapaian tetap sejalan.

4. Anna Wintour: Tetap Aktif

Pemimpin redaksi Vogue berkomitmen untuk bermain tenis selama satu jam setiap hari. Dan dia bukan satu-satunya orang kaya yang meluangkan waktu untuk berolahraga. Richard Branson tetap aktif dengan selancar layang dan miliarder terkaya keempat di India adalah pelari maraton. Orang-orang yang sukses tahu pentingnya tubuh yang aktif untuk pikiran yang aktif—termasuk di akhir pekan.

5. Warren Buffet: Luangkan Waktu untuk Hobi

Ia dianggap sebagai investor paling sukses di abad ke-20, tetapi di waktu luangnya. Investor dan CEO Berkshire Hathaway ini juga menjaga keseimbangan dalam hidupnya di luar pekerjaan dengan bermain ukulele. Kecintaannya terhadap alat musik bersenar empat ini telah ada sejak bertahun-tahun lalu, sejak masa kuliahnya.

tian menunjukkan bahwa orang yang memiliki hobi cenderung mengalami tingkat stres yang lebih rendah, merasa lebih bahagia, lebih kreatif, dan bahkan diketahui memiliki umur yang lebih panjang.

6. Bill Gates: Meluangkan Waktu untuk Merenung

Sebagai pendiri Microsoft dan salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates juga menyisihkan waktu untuk merenung. Ia pernah mengatakan, "Merayakan keberhasilan itu penting, tetapi lebih penting untuk mempelajari pelajaran dari kegagalan."

Refleksi seharusnya menjadi praktik harian, tetapi akhir pekan merupakan kesempatan yang ideal untuk mengambil langkah mundur sejenak, merenungkan pelajaran dari minggu sebelumnya, dan merencanakan perbaikan untuk minggu yang akan datang.

7. Steve Jobs: Prioritaskan Apa yang Penting

Tidak perlu melakukan perubahan besar untuk menjadi penting. Akhir pekan adalah waktu untuk mengingat hal-hal kecil yang sering terlupakan—untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan Anda serta melakukan penyesuaian jika diperlukan.

Menghabiskan waktu bersama teman, anak, atau pasangan mungkin tidak langsung meningkatkan produktivitas Anda pada hari itu atau menjadikan Anda pusat perhatian, tetapi hal itu tetap penting.

8. Jack Dorsey: Mempersiapkan Segala Sesuatu di Akhir Pekan

Salah satu pendiri Twitter dan Square ini terkenal dengan hari kerja 16 jam dari Senin sampai Jumat. Tetapi, ia habiskan hari Sabtunya dengan hiking. Lalu pada hari Minggu, ia memfokuskan diri pada refleksi, umpan balik.

Laura Vanderkam, penulis What the Most Successful People Do on the Weekend, mengatakan orang-orang sukses tahu bahwa akhir pekan sebenarnya adalah senjata rahasia dalam kesuksesan professional. 

9. Oprah Winfrey: Berlatihlah untuk Tetap Tenang

Selebritas paling berpengaruh versi Forbes tahun 2013 masih mencoba waktu untuk duduk diam selama 20 menit.

Orang-orang sukses juga menyisihkan waktu setiap hari untuk duduk diam dan menjernihkan pikiran, termasuk di akhir pekan. Kegiatan ini biasanya dikenal sebagai meditasi dan mindfulness.

Meditasi serta mindfulness dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, memfasilitasi kreativitas, dan menjaga kesejahteraan umum.

Itu dia beberapa kebiasaan akhir pekan orang sukses di dunia. Semoga bermanfaat!