<p>Karyawan beraktivitas di dekat logo Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) di Jakarta, Senin, 28 Juni 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Finansial

AAUI dan A3UI Tandatangani MoU Kerja Sama untuk Tingkatkan Kompetensi Agen Asuransi

  • Penandatanganan tersebut berlangsung di Pusat Pengembangan Gedung SDM Asuransi di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Selasa, 5 September 2023.
Finansial
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan Ahli Agen Asuransi Umum Indonesia (A3UI) menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) kerja sama untuk meningkatkan kompetensi para agen asuransi di dalam negeri.

Penandatanganan tersebut berlangsung di Pusat Pengembangan Gedung SDM Asuransi di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Selasa, 5 September 2023.

Sementara itu, MoU kerja sama ditandatangani oleh Ketua AAUI Budi Herawan dan Ketua Umum A3UI Indrarto Satyanugroho.

Kerja sama ini dicanangkan dalam rangka pengadaan kegiatan-kegiatan untuk pengembangan kompetensi agen asuransi umum di Indonesia.

Adapun kegiatan yang akan diselenggarakan ke depannya di antaranya seperti kegiatan seminar, pelatihan, dan kegiatan lainnya yang diproyeksikan dapat meningkatkan kompetensi dan integritas agen asuransi umum.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada kebutuhan pemasar industri asuransi serta mencetak sumber daya manusia (SDM) di industri unutk memiliki kompetensi dan daya saing baik di skala lokal maupun global.

Tidak hanya itu, kerja sama ini pun diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih mengenal dengan dekat dan membeli produk-produk asuransi umum.

Ketua AAUI Budi Herawan menyampaikan bahwa pihaknya saat ini tengah mendorong kolaborasi pada pengembangan asuransi umum, yang mana rencana tersebut sudah disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

AAUI dan A3UI pun berupaya untuk memastikan agar proses penentuan kurikulum dan mekanisme untuk kriteria kelulusan para agen asuransi umum nantinya sudah dicanangkan dengan tepat.

"Kerja sama ini tentunya akan menjadi tonggak sejarah bagi AAUi dan A3UI untuk meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan tata kelola dalam memasarkan produk asuransi melalui agen," ujar Budi dalam acara penandatanganan MoU kerja sama antara AAUI dan A3UI di Jakarta, Selasa, 5 September 2023.

Budi menambahkan, peran agen dan perusahaan asuransi memiliki keterkaitan kuat yang tidak bisa dipungkiri, dan tentunya AAUI dan A3UI berupaya untuk meminimalisasi risiko kesalahan yang terjadi saat penjualan produk asuransi yang didistribusikan melalui agen.

Budi pun menjelaskan, dalam satu bulan ke depan kedua belah pihak akan membuat program-program yang nantinya dapat menjadi fasilitas bagi para agen untuk bisa mengembangkan kompetensi dan memenuhi target agen tersertifikasi di tahun 2023 ini.