Klub sepak bola AC Milan berencana untuk merilis NFT dalam rangka amal. Sumber: instagram.com/@acmilan.
Fintech

AC Milan Gandeng Bitmex akan Merilis NFT untuk Amal

  • AC Milan dan Bitmex akan merilis NFT yang penjualannya bakal didonasikan ke Fondazione Milan, badan amal yang bernaung di bawah klub tersebut.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – Klub sepak bola Associazione Calcio Milan (AC Milan) asal Italia mengumumkan rencananya untuk merilis non-fungible token (NFT) yang hasil penjualannya akan didonasikan ke Fondazione Milan, badan amal yang bernaung di bawah klub tersebut.

Bekerja sama dengan crypto exchange Bitmex, AC Milan mengumumkan dalam situs resminya bahwa mereka akan merilis 75.817 NFT yang mewakili kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan klub.

Dalam setiap NFT yang dijual, terdapat gambar 3D jersey AC Milan versi lama yang fotonya diambil oleh fotografer perang asal Denmark, Jan Grarup, yang sedang mengambil dokumentasi di Sudan Selatan. 

Selain diinisiasikan untuk membantu krisis kemanusiaan, termasuk di Ukraina, perilisan NFT ini pun dilakukan oleh AC Milan untuk memperkenalkan teknologi blockchain dan mata uang kripto kepada penggemar yang tersebar di seluruh penjuru dunia. 

Menurut situs Cryptopotato, NFT AC Milan rencananya akan dirilis di platform FanSea pada pekan ini, dan dalam keterangan di situs tersebut pun diumumkan bahwa sebagai bagian eari kemitraan, AC Milan akan menampilkan logo Bitmex pada jersey mereka. 

Selain merilis NFT, AC Milan juga memiliki fan token (token kripto untuk para penggemar) yang bernama ACM. Penggemar yang memiliki token kripto ini dapat menyumbangkan suara untuk pengambilan keputusan klub, mendapatkan hadiah VIP, membuka akses ke promo ekslusif, serta mendapatkan kesempatan untuk diakui sebagai superfan.

Berdasarkan Coin Market Cap, Rabu, 13 April 2022 pukul 13.05 WIB, ACM berada di peringkat ke-788 dengan kapitalisasi pasar US$18,94 juta atau setara dengan Rp272,05 miliar dalam asumsi kurs Rp14.364 perdollar AS dan menempati harga US$6,03 (Rp86.614).