<p>Gedung Thamrin Nine Tower 1. Dok: ACSET.</p>
Industri

ACSET Lakukan Topping-Off Gedung Tertinggi di Indonesia

  • JAKARTA – Konstruksi gedung Thamrin Nine Tower 1 telah dilakukan hingga bagian atap gedung dengan target menjadi gedung tertinggi di Indonesia pada 2021. Seremoni topping-off gedung Thamrin Nine Tower 1 digelar pada Kamis, 15 Oktober 2020, antara PT Acset Indonusa Tbk. (ACSET) dan PT Putragaya Wahana (PGW). Sementara itu, konstruksi lanjutan hingga lantai 75 akan […]

Industri
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

JAKARTA – Konstruksi gedung Thamrin Nine Tower 1 telah dilakukan hingga bagian atap gedung dengan target menjadi gedung tertinggi di Indonesia pada 2021.

Seremoni topping-off gedung Thamrin Nine Tower 1 digelar pada Kamis, 15 Oktober 2020, antara PT Acset Indonusa Tbk. (ACSET) dan PT Putragaya Wahana (PGW).

Sementara itu, konstruksi lanjutan hingga lantai 75 akan diteruskan hingga proses serah terima dari ACSET kepada PGW selaku pemberi kerja pada 2021.

Begitu selesai dibangun pada 2021, gedung Thamrin Nine Tower 1 akan menjadi gedung tertinggi di Indonesia dengan 75 lantai dan ketinggian hingga 385 meter.

Ketinggian ini meliputi ketinggian dari lantai dasar hingga bagian crown dan menara gedung. Selain itu, gedung Thamrin Nine Tower 1 juga dilengkapi dengan enam lantai basement.

Karena strukturnya supertall, ACSET menggunakan beberapa material dan teknik konstruksi khusus yang tergolong tidak cukup umum di industri konstruksi Indonesia.

Salah satunya, penggunaan belt truss dan outrigger yang sangat besar pada lantai 35-36 dan 55-57 untuk mendukung ketinggian gedung.

Di samping itu, ACSET memilih metode cast-in-situ dibandingkan pre-cast untuk melakukan konstruksi kolom dari tingkat dasar hingga tingkat menengah gedung. Tujuannya, meningkatkan resistensi gedung terhadap gempa bumi.

Selain dilengkapi fitur anti-gempa, Thamrin Nine Tower 1 sudah memenuhi standar wind load test untuk memastikan ketahanan struktur gedung supertall terhadap angin.

Idot Supriadi, Presiden Direktur ACSET, mengaku bangga mendapat kepercayaan menjadi kontraktor dari sebuah gedung landmark prestisius di Indonesia.

“Ke depan, kami optimistis ACSET mampu menghasilkan karya lain yang menjadi kebanggaan bangsa,” ujarnya dalam siaran pers pada Jumat, 16 Oktober 2020.

Selain gedung Thamrin Nine, ACSET tengah berpartisipasi membangun gedung kembar ikonik Indonesia 1 yang juga akan masuk daftar 10 bangunan tertinggi di Indonesia.

ACSET secara konsisten menjalankan strateginya untuk turut serta dalam proyek yang memiliki tingkat kompleksitas tinggi. Dengan demikan, berkontribusi terhadap nilai tambah bagi pengembangan keahliannya.

Tingkat kompleksitas ini dapat berupa proyek dengan fondasi dalam, super tall structure, maupun proyek infrastruktur yang menuntut keahlian dan komitmen tinggi.