Gaya Hidup

Ada Apa Ini? Lewat Surat, Pamela Anderson Berkeluh Kesah ke Vladimir Putin

  • MOSKOW-Aktris Pamela Anderson ternyata secara khusus menulis surat kepada Vladimir Putin saat presiden Rusia ini merayakan tahun pada 20 Januari 2020 lalu. Tetapi jangan berprasangka yang bukan-bukan meski mantan bintang Baywatch ini seorang janda dan Putin adalah seorang duda.  Pamela memang berkeluh kesah kepada Putin, tetapi soal lingkungan. Seperti diketahui Pamela Anderson saat ini aktif […]

Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

MOSKOW-Aktris Pamela Anderson ternyata secara khusus menulis surat kepada Vladimir Putin saat presiden Rusia ini merayakan tahun pada 20 Januari 2020 lalu.

Tetapi jangan berprasangka yang bukan-bukan meski mantan bintang Baywatch ini seorang janda dan Putin adalah seorang duda.  Pamela memang berkeluh kesah kepada Putin, tetapi soal lingkungan. Seperti diketahui Pamela Anderson saat ini aktif sebagai salah satu aktivis penyelamat lingkungan.

Anderson, yang memiliki leluhur Rusia di pihak ibunya, mengucapkan selamat kepada Vladimir Putin pada hari ulang tahunnya tetapi meminta perhatiannya pada dampak perubahan iklim di kawasan Antartika.

Satu-satunya benua yang belum dipetakan di dunia ditemukan oleh ekspedisi kutub Rusia yang dipimpin oleh Fabian Gottlieb von Bellingshausen dan Mikhail Lazarev tepat dua abad yang lalu, pada 20 Januari 1820.

 “Dua ratus tahun kemudian, Antartika dan Samudra Selatan adalah tempat yang sangat berbeda dari apa yang pertama kali dilihat oleh Von Bellingshausen dan Lazarev,” tulis aktivis berusia 53 tahun itu sebagaimana dilaporkan Sputnik Jumat (24/02).

“Wilayah ini sekarang berada di garis depan krisis iklim dan hilangnya keanekaragaman hayati. Bersama sebagai komunitas global, kita dapat menerapkan langkah-langkah yang akan melindungi hutan belantara yang berharga ini di masa depan. “

Pamela menyerukan Rusia untuk mendukung daerah perlindungan laut yang ditunjuk di Antartika Timur, Laut Weddell di Samudra Selatan dan Semenanjung Antartika, sebidang tanah yang terbentang dari benua menuju Amerika Selatan. Dia sebelumnya telah mengajukan petisi kepada Vladimir Putin untuk menyelamatkan mamalia laut seperti orca dan paus beluga.

Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa ekosistem Antartika dan Samudra Selatan yang rapuh berada di bawah ancaman perubahan yang cepat dan hilangnya keanekaragaman hayati karena meningkatnya suhu, pariwisata, penangkapan ikan yang berlebihan, dan polusi.

Sebuah laporan khusus PBB yang dirilis pada bulan September menemukan bahwa lautan menjadi lebih hangat dan lebih asam, gletser Antartika mencair dan lapisan es.

Baru minggu lalu, suhu mencapai rekor tertinggi tinggi yakni 18,3C  atau lebih tinggi  0,8C di atas rekor sebelumnya pada Maret 2015.

Komunitas internasional telah mendirikan dua wilayah laut yang dilindungi di Antartika, satu pada 2009 dan lainnya pada 2016. Mereka mencakup total luas 1,64 juta kilometer persegi, kira-kira seukuran Spanyol.