NARSIS.jpg
Gaya Hidup

Ada di Sekitar Anda, Berikut Tips Menghadapi Pengidap Gangguan Narsistik (NPD)

  • Biasanya, pengidap NPD ini memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan haus akan pujian. Ia juga memanfaatkan dan tak peduli dengan kebutuhan orang lain.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Narsisstic Personality Disorder atau gangguan kepribadan narsistik (NPD) merupakan salah satu gangguan jiwa yang menyebabkan pengidapnya berporos pada diri sendiri dan kurang empati.

Biasanya, pengidap NPD ini memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan haus akan pujian. Ia juga memanfaatkan dan tak peduli dengan kebutuhan orang lain.

Parahnya, pengidap NPD seringkali senditif terhdap kritik lantaran punya harga diri yang tinggi. Inilah yang membuat pengidap NPD menyebalkan.

Mengutip sejumlah sumber, berikut hal yang harus dilakukan jika menghadapi orang atau kolega pengidap gangguan narsistik atau NPD.

1. Lihat wujud asli mereka

Pengidap gangguan narsistik sangan pandai menebar pesona. Mereka banyak menampilkan ide dan janji besar sehingga menyebabkan para pengidap gangguan ini populer di kalangan rekan kerjanya.

Meski punya pesona di atas panggung, Anda harus melihat siapa diri mereka sebenarnya dan bagaimana mereka memperlakukan orang lain. Jika mereka berbohong, memanipulasi, atau secara terang-terangan tidak menghormati orang lain, tidak ada alasan untuk percaya bahwa mereka tidak akan melakukan hal yang sama pada Anda.  

2. Jangan pernah berusaha mengubah mereka

Terlepas dari apa yang mungkin dilakukan seseorang dengan kepribadian narsistik, keinginan dan kebutuhan Anda kemungkinan besar tidak penting bagi mereka. Selain itu, jika Anda mencoba mengungkit masalah ini, mungkin akan menemui hambatan.

Langkah pertama dalam berurusan dengan seseorang yang memiliki kepribadian narsistik adalah dengan menerima bahwa ini adalah diri mereka dan tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya.

3. Tak Ambil pusing

Ketika pengidap NPD hadir di hidup Anda, banyak perhatian yang akan mengarah pada mereka. Entah perhatian tersebut sengaja, positif, atau negatif. Sebab, pengidap NPD pada dasarnya memang akan selalu bekerja keras untuk tetap jadi sorotan.

Ketika Anda dihadapkan dengan pengidap NPD, jangan biarkan mereka menyusup dalam hidup Anda atau mendikte tujuan dan dunia Anda. Ingatkan diri Anda bahwa Anda punya kekuatan, keinginan, dan tujuan sendiri.

Segera ambil kendali dan lakukan me-time. Selalu ingatkan bahwa tugas Anda bukanlah menyenangkan pengidap NPD.

4. Tak ragu membela diri

Beberapa orang dengan kepribadian narsistik senang membuat orang lain tidak berdaya. Jika itu masalahnya, cobalah untuk tidak terlihat bingung karena itu hanya akan mendorong mereka untuk melanjutkan manipulasi mereka.

Jangan takut untuk bicara mengenai bagaimana kata-kata dan perilaku mereka memengaruhi kehidupan Anda. Bersikaplah spesifik dan konsisten tentang apa yang tidak dapat diterima dan bagaimana Anda mengharapkan untuk diperlakukan.

Namun jika Anda memilih hal ini, perlu dipersiapkan bahwa mereka mungkin tidak mengerti atau bahkan tidak peduli.

5. Beri batasan

Seseorang dengan gangguan kepribadian narsistik seringkali sangat mementingkan diri sendiri. Mereka mungkin berpikir bahwa mereka berhak pergi ke tempat yang mereka inginkan, mengintip barang-barang pribadi Anda, atau memberi tahu Anda bagaimana bersikap.

Beberapa dari mereka mungkin akan memberi nasihat yang tidak diminta dan menghargai hal-hal yang telah Anda lakukan. Mereka mungkin juga akan mnekan Anda untuk membicarakan hal-hal pribadi di tempat umum.

Pada dasarnya, pengidap NPD memiliki sedikit rasa ruang pribadi. Alhasil, mereka cenderung melewati banyak batasan. Itulah mengapa Anda harus sangat jelas tentang batasan yang penting bagi Anda.