Sederet makanan yang dihidangkan dalam jamuan makan siang bersama tiga Capres di Istana Merdeka, Senin 30 Oktober 2023 (Foto: Antara/HO-Setpres)
Nasional

Ada Es Laksamana Mengamuk dalam Jamuan Makan Jokowi

  • Selain hidangan yang beragam, Istana menyajikan minuman seperti Es Laksamana Mengamuk kepada ketiga calon Presiden.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menjamu makan siang kepada tiga Calon Presiden (Capres) di Istana Merdeka, Senin 30 Oktober 2023. Jamuan makan tersebut dihadiri ketiga Capres yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Mereka kompak mengenakan pakaian bermotif batik dalam acara makan siang tersebut. Dalam kesempatan itu, tampak berbagai hidangan disajikan di atas meja makan.

Ada ayam rolade, lontong, rendang, jus jeruk, ayam kecap, hingga tahu masak bacem. Prabowo membeberkab Presiden juga menyuguhkan soto, lontong, cumi-cumi, dan sayur dalam jamuan makan itu. 

Terkait detail menu yang disajikan dalam acara, Koordinator Staf Khusus Presiden, AAGN Ari Dwipayana menyatakan cukup beragam. Ia menyebut ketiga Capres disuguhi hidangan berupa nasi putih, Soto Lamongan, Ayam Kodok, Sapi Lada Hitam, Bebek Panggang, Cumi Goreng, Udang Goreng Telur Asin, hingga Kaylan Cah Sapi. 

Adapun untuk minuman, pihak istana menyuguhkan Es Laksamana Mengamuk dan Jus Jeruk. Ari Dwipayana kemudian menjelaskan soal Es Laksamana Mengamuk yang ternyata merupakan perpaduan es mangga kuini yang dicampur dengan santan dan gula. Seluruh hidangan lezat tersebut disajikan di atas meja bundar yang dikelilingi oleh Presiden beserta ketiga Capres.

Dalam konferensi pers usai jamuan makan siang tersebut, Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa siang itu Prabowo tidak menyantap nasi melainkan lontong. Ia juga menyebut Anies juga tidak makan nasi. “Nggak ada nasinya tadi. Biasanya bawa porang,” ujar Ganjar yang disambut tawa oleh Anies Baswedan. Ganjar mengatakan hanya ia bersama Presiden yang makan nasi. “Saya makan nasi banyak tadi sama Pak Presiden,” ujarnya.

Undangan jamuan makan itu kali pertama diungkap Sekretariat Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim. Ia menyebut ketiga capres yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto diundang ke istana Senin siang. “Diundang ke Istana tanpa cawapresnya,” ujar Hermawi dikutip dari Antara. 

Undangan tersebut sebagai bentuk dukungan Jokowi terhadap semua kandidat dalam Pemilihan Presiden (Pilpres 2024). Presiden sebelumnya mengklaim bakal mendukung ketiganya untuk kepentingan bangsa. “Mungkin ini dukungan yang dimaksud.” ujarnya.

Senada Hermawi Taslim, cawapres pendamping Ganjar Pranowo sekaligus Menkopolhukam Mahfud MD membenarkan acara tersebut. “Iya benar capres, bukan cawapres,” ujar Mahfud MD di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin.