<p>Ilustrasi: Pengunjung melintas diantara kios pedagang di pusat perbelanjaan Blok M Square, Jakarta, Selasa 23 Juni 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Ada Fasilitas “Touchless” untuk Kenyamanan Konsumen di Trade Mall Blok M Square

  • Blok M Square, trade mall (TM) dibawah PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) telah menggunakan sistem touchless (tanpa menyentuh) untuk memberikan kenyamanan terhadap pengunjungnya. Perubahan sistem ini telah dijalankan sejak dibukanya kembali mal pada tanggal 15 Juni lalu. Menyusul, setelah sebelumnya sempat ditutup sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah terhadap sejumlah mal pada masa […]

Industri
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

Blok M Square, trade mall (TM) dibawah PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) telah menggunakan sistem touchless (tanpa menyentuh) untuk memberikan kenyamanan terhadap pengunjungnya.

Perubahan sistem ini telah dijalankan sejak dibukanya kembali mal pada tanggal 15 Juni lalu. Menyusul, setelah sebelumnya sempat ditutup sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah terhadap sejumlah mal pada masa pandemi COVID-19.

Deputi General Manager Blok M Square Dharma G Wallad menjelaskan berdasarkan pantauan dilapangan dihari ke-10 beroperasinya mal ini, sistem touchless cukup efektif dijalankan, bahkan memudahkan pengunjung dalam melakukan aktivitas jual beli.

“Kondisi Pandemi COVID-19 menuntut kita untuk terus bergerak dan mengikuti perkembangan. Kami meyakini sistem ini akan menjadi budaya baru yang memberikan nilai manfaat terhadap pengunjung Blok M Square,” jelas Dharma, Kamis, 25 Juni 2020.

Dharma mengatakan sistem touchless ini sejatinya sudah dilakukan oleh sejumlah mal lainnya. Namun demikian, Blok M Square berupaya untuk memaksimalkan perubahan ini, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman secara langsung.

Lokalisir Pengunjung

Misalnya, cara melokalisir keluar masuk pengunjung, terutama ketika harus desentralisasi pintu masuk dan keluar.

“Dimasing-masing pintu telah disiapkan handsanitizer yang touchless. Kami juga menyiapkan keran air dengan pedal dan memasang sabun yang otomatis sehingga tidak ada sentuhan,” kata Dharma.

Ditambahkan Dharma, pengecekan suhu juga aktif dilakukan di pintu masuk sehingga dapat memastikan pengunjung yang memasuki mal dalam kondisi sehat.

Menurut Dharma, sejak Blok M Square dibuka kembali, masyarakat cukup disiplin dalam mengikuti arahan pengelola mal. Hal ini juga didukung informasi dari pengelola yang diberikan melalui pengeras suara, sehingga pengunjung terus diajak untuk berdisiplin dalam melakukan aktivitas new normal.

Blok M Square juga telah menyiapkan sistem pembayaran cashless (non tunai) untuk memberikan layanan terbaik dan cepat. Menurutnya, fasilitas ini sebenarnya sudah ada sebelum pandemi, namun layanannya ditingkatkan karena uang bisa menjadi salah satu media penyebar virus.

“Untuk itu kami menghimbau masyarakat turut meminimalisir penyebaran virus melalui pembayaran cashless,” tegas Dharma.

Disampaikan Dharma, Blok M Square juga terus memperketat koordinasinya dengan Pemerintah Provinsi Jakarta. Di antaranya Dinas Kesehatan dan Pemda yang terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pedagang yang ada di Blok M Square. Pengelola mal juga telah melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin, sehingga upaya untuk meminimalisir risiko dapat dilakukan dengan maksimal.

Di hari ke-10 ini jumlah pengunjung dibandingkan situasi normal tentu berbeda, namun Blok M Square berpedoman terhadap aturan dengan membatasi pengunjung sebanyak 50% saja.