<p>Layanan 4G LTE oleh Telkomsel. / Dok. Telkomsel</p>
Korporasi

Ada Larangan Mudik, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 49 Persen Selama Ramadan dan Idulfitri 2021

  • Selain peningkatan trafik layanan data, Telkomsel juga mencatat naiknya layanan SMS sebesar 33% menjadi 669 juta SMS pada momen Ramadan dan Idulfitri 2021 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatat trafik layanan data hingga 39,7 Petabyte (PB) pada masa Ramadan dan Idulfitri 2021. Angka ini melonjak sekitar 49% dibandingkan dengan momen yang sama tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan pihaknya terus membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk menjalin silaturahmi dan tetap terhubung di masa Idulfitri, walau dilakukan secara digital dan virtual melalui dukungan jaringan broadband Telkomsel.

“Keluarga besar Telkomsel mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H kepada seluruh umat muslim di Indonesia,” ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima TrenAsia.com, Minggu 16 Mei 2021.

Selain peningkatan trafik layanan data, Telkomsel juga mencatat naiknya layanan SMS sebesar 33% menjadi 669 juta SMS pada momen Ramadan dan Idulfitri 2021 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Di sisi lain, layanan suara Telkomsel menurun secara tahunan sebesar 14% menjadi 915 juta menit pada masa Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Namun, layanan suara Telkomsel naik 4% jika dibandingkan dengan hari biasa selama tahun 2021.

Nugroho menjelaskan, pihaknya turut mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Layanan VoLTE Telkomsel naik sebesar 12%.

Bahkan, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel meroket 410%. Lalu diikuti llayanan video conference on demand CloudX Telkomsel yang melonjak 68% dibandingkan hari biasa.

Secara umum masyarakat selama di Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijrah ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring.

Hal ini dibuktikan dari peningkatan layanan video communication dan video streaming yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53%, atau masing-masing tumbuh sekitar 14% dan 22%, dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81%, 36% dan 7% selama Ramadan dan Idulfitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa.

Selain itu, Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan. Antara lain Youtube sebanyak 23%, Facebook 16%, Whatsapp 14%, Instagram 12%, Tiktok 11% dan Mobile Legends 3%.

Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri 2021, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya.

Di antaranya didominasi oleh Sumatra baik bagian Utara, Tengah maupun Selatan sebesar 13%, Jawa Timur 12% dan Jawa Tengah 11% dibandingkan dengan hari biasa.

“Kami merasa sangat senang dan bersyukur dapat selalu mendampingi pelanggan di momen Ramadan dan Idulfitri. Semoga semua upaya yang kami lakukan dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah kepada pelanggan dalam menjalani aktivitas ibadah Ramadan dan merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H,” tutup Nugroho.