American Honda Collection Hall di Torrance, California, Amerika Serikat.
Dunia

Ada Museum American Honda Motor Collection Hall di California, Apa Saja Isinya?

  • American Honda Collection Hall dapat dikunjungi secara gratis terbuka untuk umum, yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati beragam koleksi kendaraan dan informasi sejarah Honda di Amerika Serikat.

Dunia

Bintang Surya Laksana

CALIFORNIA - Honda pada 21 September 2023 resmikan museum American Honda Collection Hall di Torrance, California, Amerika Serikat. Museum tersebut memamerkan berbagai koleksi produksi Honda dan Acura seperti mobil, motor, power products, mobil dan mesin balap, mobil konsep yang disertai dengan informasi, foto dan video grafis mengenai Honda serta Acura di Amerika dalam kurun waktu 60 tahun ke belakangan.

American Honda Collection Hall dapat dikunjungi secara gratis terbuka untuk umum, yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati beragam koleksi kendaraan dan informasi sejarah Honda di Amerika Serikat. 

Museum ini berlokasi di atas lahan seluas 20.000 meter persegi, yang terhubung dengan kantor pusat American Honda Motor. Kantor ini menjadi perusahaan Honda pertama yang didirikan di luar Jepang pada tahun 1959, yang telah beroperasi selama lebih dari enam dekade.

"American Honda Motor Collection Hall ini mencerminkan impian dan ambisi Honda, serta ekspresi kebahagiaan dari konsumen yang menghargai produk kami, serta para penggemar balap yang telah mendukung kesuksesan kami," ujar Presiden & CEO American Honda Motor Co. dan Direktur Operasi Wilayah Amerika Utara, Noriya Kaihara.

Sejumlah produk Honda yang dipamerkan

Mobil

Honda N600 Coupe 1970 – Mobil Honda pertama yang dijual di AS menggunakan mesin 600 cc 2 silinder berpendingin udara dan dijual hanya dengan US$1.395. 

Honda Civic CVCC Hatchback 1975 – Mobil pertama yang memenuhi standar emisi US Clean Air Act tahun 1970 tanpa memerlukan catalytic converter.

Honda Accord CVCC Hatchback 1979 – Accord pertama memulai debutnya pada tahun 1976 sebagai hatchback tiga pintu yang ditenagai oleh mesin 4 silinder Compound Vortex Controlled Combustion (CVCC) revolusioner dari Honda. 

Honda CRX Si 1985 – Model Honda Si performa pertama yang dijual di Amerika, coupe 2 tempat duduk yang sporty dengan injeksi bahan bakar PGM-FI canggih dari Honda.

Acura Legend 1986 – Sedan touring mewah berperforma tinggi yang meluncurkan merek Acura bersama Integra.

Supercar Acura NSX 1991 – Mobil sport bermesin tengah eksotis buatan tangan yang revolusioner yang memamerkan kehebatan teknis Honda.

Honda CR-V 1997 – SUV in-house pertama Honda membantu menciptakan generasi baru kendaraan sport kompak dengan pengendaraan dan pengendalian seperti mobil.

Honda Insight 2006 – Diperkenalkan pada tahun 2000, Insight adalah kendaraan penumpang hibrida bensin-listrik pertama yang diproduksi secara massal dan dijual di AS

Sepeda Motor

1962 Honda 50/Super Cub – Salah satu dari tiga model pertama Honda yang dijual di AS Super Cub kini menjadi kendaraan terlaris secara global dengan lebih dari 100 juta terjual hingga saat ini.

1969 Honda CB750A – Secara luas dianggap sebagai superbike pertama dan dijuluki “Sepeda Motor Abad Ini” oleh majalah Motorcyclist.

1973 Honda CR/RC250 Elsinore – Sepeda motor motocross produksi pertama Honda dan produk pertama Honda yang diproduksi di AS, dinamai berdasarkan Elsinore Grand Prix yang terkenal.

Honda GL1000 Gold Wing 1975 – Mendefinisikan ulang sepeda motor touring jarak jauh dengan mesin empat silinder berlawanan horizontal yang revolusioner.

1981 Honda CBX1000 – Sepeda motor pertama Honda dengan tenaga lebih dari 100 hp, ditenagai mesin enam silinder 1000cc.

Honda VF750F 1983 – VF750F yang revolusioner menggunakan mesin DOHC V4 berpendingin cairan dan rangka tabung persegi kaku yang juga membantunya mendominasi balap superbike di pertengahan tahun 80-an.

Honda VFR750R/RC30 1990 – Homologasi khusus yang dibuat untuk kompetisi di “World Superbike Championship.” 

Honda NR750 1992 – Sepeda motor paling canggih secara teknis pada saat itu, ikonik karena desain mesin piston oval dan inovasi lainnya. 

Honda RVT1000R/RC51 2004 – Versi jalanan dari superbike V-twin pemenang kejuaraan Honda.

Peralatan Listrik

1964 Honda CB30 Marine Outboard Engine  – Mesin tempel kelautan pertama Honda menampilkan desain four-stroke yang revolusioner.

Generator Honda E300 1965 – Generator pertama yang menggabungkan output 300 watt dengan pengoperasian yang senyap dan mudah digunakan dalam wadah kompak yang dapat dibawa dengan satu tangan.

2023 Honda GF5 Marine Outboard Engine – Mesin tempel portable yang ringkas dan ringan memberikan paket performa lengkap untuk perahu kecil dan perahu kecil.

Mobil Balap

Acura Spice GTP-Lights 1992 – Ditenagai oleh mesin Acura NSX V6 yang dimodifikasi, membawa pembalap veteran Parker Johnstone ke kejuaraan Pembalap di seri IMSA Camel GT Lights.

Mobil Indy Reynard 961-031 1996 – Honda/Reynard dikendarai oleh Juara Pembalap Mobil Indy Jimmy Vasser dan Rookie of the Year Alex Zanardi. 

Acura Integra Realtime 1997 – RealTime Racing dan Acura Integra Type R mencetak rekor kemenangan balapan yang tetap tak terpecahkan setelah hampir dua dekade.