Ilustrasi BCA Mobile.
Finansial

Ada Perubahan Biaya Transaksi Antarbank, BCA: Itu Penipuan

  • PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memberikan klarifikasi bahwa informasi biaya transaksi antarbank gratis melalui metode tertentu yang mengatasnamakan BCA adalah penipuan.
Finansial
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memberikan klarifikasi terkait perubahan biaya transaksi. Sebelumnya, beredar informasi mengatasnakan BCA terkait biaya transaksi antarbank bisa dilakukan tanpa biaya alias gratis melalui metode.  Menurut BCA, ini merupakan tindak penipuan. 

Perlu diketahui, informasi yang mengatasnamakan BCA beredar lewat  media sosial dan WhatsApp dengan mengatakan transaksi antarbank gratis. Modusnya, penipu menyebarkan link dan menyuruh calon korbannya untuk mengikuti langkah sign up terlebih dahulu.

Menanggapi hal itu, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan bahwa transaksi antarbank saat ini masih dikenakan sejumlah biaya. 

"Dapat kami sampaikan bahwa kabar tersebut adalah tidak benar dan bisa dipastikan itu aksi penipuan," ujar Hera F dalam keterangan tertulis dikutip TrenAsia.com, Senin 24 Juli 2023.  

Lebih lanjut lagi, BCA, ia mengimbau nasabah setia untuk berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BCA. Apabila mendapatkan informasi yang mencurigakan, nasabah dapat menghubungi kantor cabang setempat, atau contact center HaloBCA melalui 1500888 dan aplikasi Halo BCA. 

"Jangan pernah bagikan data pribadi perbankan yang sifatnya rahasia seperti nomor kartu ATM, PIN, OTP, dan lain lain," ucap Hera. 

Selain itu, pihkanya juga mengingatkan agar nasabah mendapatkan informasi hanya dari channel resmi BCA. Yaitu aplikasi Halo BCA, No Resmi Halo BCA 1500888 (tanpa 021, +0621, atau tambahan lainnya), WhatsApp: Bank BCA 08111500998 (ada centang hijau), Instagram: @goodlifebca (sudah centang biru), dan Website: www.bca.co.id

Biaya Transaksi Bank BCA

Sebelumnya, mulai 29 Juni 2023, BCA telah menetapkan biaya transfer online Rp 0 dari rekening BCA ke rekening blu di berbagai e-Channel BCA akan berakhir dan kemudian dikenakan biaya Rp 6.500 per transaksi.

Meski demikian, nasabah dapat menikmati biaya transfer Rp 0 sesama rekening dengan menggunakan layanan transfer BI Fast yang sebelumnya ditetapkan Rp 2.500 per transaksi. Sedangkan transfer antar bank dikenakan biaya Rp 2.500 untuk transfer menggunakan BI Fast dan Rp 6.500 untuk transfer online. 

Biaya transaksi tersebut, seluruhnya berlaku pada myBCA, BCA mobile, KlikBCA Individu, KlikBCA Bisnis hingga ATM BCA.