Industri

Ada Sirkuit Mandalika, Begini Prospek Cemerlang Properti di NTB

  • Mandalika yang akan dibangun dengan konsep seperti BTDC Nusa Dua Bali akan menarik investasi properti.
Industri
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Hadirnya Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) diharapkan bisa menghidupkan kembali pariwisata dan memberikan dampak positif bagi industri lainnya seperti properti.

Fasilitas pendukung MotoGP yang akan digalar pada Maret 2022 di Sirkuit Mandalika itu juga sudah disiapkan dari jauh-jauh hari. Salah satunya, pembangunan sirkuit internasional hingga fasilitas penginapan bagi para penonton di kawasan Mandalika.

Director Advisory Services Colliers International Indonesia Monica Koesnovagril mengatakan, adanya Sirkuit Mandalika juga akan memicu pembangunan hotel-hotel dengan operator internasional maupun nasional.

"Mandalikan nantinya akan dikembangkan dengan konsep seperti BTDC Nusa Dua yang menyediakan berbagai fasilitas resor dalam satu kawasan. Mulai dari hotel, vila, serta fasilitas rekreasi dan komersial lainnya," kata Monica Koesnovagril saat dihubungi TrenAsia.

Monica melanjutkan, hotel-hotel tersebut akan dibangun dalam Komplek Mandalika yang merupakan kawasan ekonomi khusus (KEK) dan tentunya sudah mengantongi izin pembangunan terutama hotel.

Bandar Udara International Lombok yang berada di Lombok Tengah juga turut mendukung pertumbuhan hotel, ritel, dan restoran di sekitarnya serta melengkapi hotel-hotel yang ada di dalam kawasan Mandalika. 

Selain itu, Kota Mataram menjadi lokasi yang akan merasakan perkembangan sangat tinggi terhadap pasar properti karena letaknya kurang lebih 40 kilometer (km) dari Sirkuit Mandalika.

Alasannya, karena Kota Mataram merupakan ibu kota provinsi serta pusat aktivitas di Lombok. Sehingga tidak heran, pembangunan akomodasi dan komersial nantinya akan bertumbuh di Kota Mataram.

Jarak yang mudah dijangkau dari Mandalika dan ketersediaan berbagai fasilitas komersial di Kota Mataram yang lengkap menjadi faktor lain akan meningkatnya angka pengunjung untuk mencari hotel di Mataram.

Untuk saat ini, dengan keterbatasan akomodasi di Mandalika, menginap di hotel-hotel kawasan Senggigi yang jaraknya hanya 49 km akan ikut bertumbuh positif karena kawasan tersebut sudah dilengkapi fasilitas komersial lainnya.

Selain itu, beragamnya bauran penonton MotoGP Mandalika 2022 membuat tingginya permintaan akan akomodasi di Lombok bervariasi mulai dari hotel berbintang, non-berbintang, hingga homestay.