Tengkleng, kambing, daging kambing
Destinasi & Kuliner

Ada Tengkleng! Inilah 5 Hidangan Berbahan Kambing Terpopuler di Dunia

  • Simak beberapa hidangan berbahan dasar kambing terpopuler di dunia yang ternyata ada tengkleng dari Surakarta, Indonesia.
Destinasi & Kuliner
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Perayaan Iduladha adalah salah satu momen spesial bagi umat muslim. Di Hari Raya ini, umat muslim menyembelih hewan kurban seperti sapi, kambing, unta, domba, lalu dagingnya dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Pada saat-saat perayaan ini, tidak mengherankan jika banyak orang mulai memasak aneka masakan atau hidangan berbahan dasar kambing. Namun ternyata hidangan berbahan dasar kambing tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Indonesia saja.

Masyarakat dari berbagai negara juga memiliki masakan khas tersendiri yang berbahan dasar kambing. Berikut beberapa hidangan berbahan kambing terpopuler di dunia yang perlu Anda ketahui.

Masakan Berbahan Dasar Daging Kambing Terpopuler di Dunia

Berikut beberapa masakan tradisional berbahan dasar kambing yang berasal dari berbagai negara di dunia, seperti yang telah dirangkum dari laman Taste Atlas pada Jumat, 30 Juni 2023.

1. Birria

Birria adalah sup kambing tradisional asal negara bagian Jalisco, Meksiko. Hidangan ini dimasak secara lambat sehingga dagingnya sangat empuk. Bahan lain yang dimasukkan saat memasak Birria yaitu seperti cabai panggang, bawang putih, jintan, daun salam, dan thyme. Biasanya birria hanya disajikan ketika pagi hari.

2. Tengkleng

Tengkleng adalah sup kambing khas Indonesia yang berasal dari kota Surakarta, Jawa Tengah. Tengkleng dipercaya muncul pada masa pemerintahan Belanda ketika potongan daging kambing terbaik hanya dibagikan kepada orang kaya dan yang tersisa untuk orang miskin adalah tulang kambing yang masih ada dagingnya.

Tulang-tulang tersebut dimasak dalam kuah encer berbahan dasar santan yang diperkaya dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti kunyit, lengkuas, serai, jinten, ketumbar, bawang putih, dan bawang merah. Selain itu beberapa orang juga memasukkan jeroan kambing pada hidangan tersebut.

3. Kari Kambing

Kari kambing adalah masakan kari yang populer baik di Malaysia dan Indonesia. Kari kambing dibuat dengan kombinasi daging kambing yang dipotong-potong, kentang, tomat, daun kari, jahe bawang merah, santan, cabai, dan berbagai bumbu lainnya seperti lengkuas, kunyit, dan serai.

Kari tersebut direbus sampai kentang dan daging teksturnya menjadi lunak. Masakan ini bisa langsung disajikan tapi ada yang bilang lebih enak dikonsumsi keesokan harinya saat dipanaskan kembali. Anda bisa mengonsumsi kari kambing dengan nasi atau roti pipih.

4. Kebab Buryan

Kebab buryan adalah hidangan daging yang disiapkan dengan cara memasak kambing atau domba utuh di dalam sumur yang dalam di atas api kayu. Sumur tersebut ditutup dengan penutup dan ditutup menggunakan lumpur atau abu agar daging matang dan dikukus secara bersamaan. 

Daging kambing ditempatkan di kuali yang berisi air atau digantung kemudian ditempatkan di dalam sumur. Bumbu yang digunakan yaitu garam batu. Setelah itu, daging kambing disajikan di atas roti pita dan saat memesan masakan ini Anda bisa memilih antara daging tanpa tulang dan daging tanpa lemak atau antara keduanya.

5. Chivo Guisado

Chivo guisado adalah sup kambing dari Republik Dominika. Untuk membuat hidangan ini, disiapkan potongan daging kambing, bawang bombay, jeruk pahit, bawang putih, dan tomat. Kelezatan dari chivo guisado adalah oregano liar dan paprika Scotch bonnet. Kambing lokal mereka memakan oregano liar yang merupakan alasan mengapa rasa chivo guisado diakui enak. 

Itu tadi beberapa hidangan berbahan dasar kambing terpopuler di dunia yang ternyata ada tengkleng dari Surakarta, Indonesia.