Adanya ChatGPT Bikin Penulis Konten Terancam? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengungguli Chatbot AI
Tekno

Adanya ChatGPT Bikin Penulis Konten Terancam? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengungguli Chatbot AI

  • Inilah beberapa cara agar para penulis konten atau content writer tetap bisa mengungguli tools AI seperti ChatGPT.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Adanya ChatGPT memang seolah memberikan manfaat sekaligus ancaman bagi beberapa orang atau pihak. Ada beberapa orang yang merasa beruntung dengan adanya ChatGPT atau situs kecerdasan buatan lainnya karena mampu meningkatkan produktivitas dan mampu mengotomatisasi pekerjaan.

Namun, ada juga kalangan yang merasa terancam akan adanya chatbot ini, tidak terkecuali bagi penulis konten atau content writer. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir.

Hal ini karena chatbot seperti ChatGPT atau situs web AI lainnya ternyata bisa digunakan sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan Anda. 

Anda atau manusia pada umumnya mungkin tidak dapat mengalahkan AI dalam permainannya sendiri, tapi teknologi ini asih agak terbatas. Ada beberapa keterampilan yang dimiliki oleh penulis konten manusia yang sebetulnya tidak dapat ditiru oleh AI, setidaknya untuk saat ini.

Berikut beberapa tips atau cara agar penulis konten dapat mengungguli tools dari AI atau kecerdasan buatan seperti ChatGPT.

Cara Penulis Konten Bersaing dengan ChatGPT atau Tools AI Lainnya

1. Memberi perspektif unik

Salah satu kelemahan dari tools AI adalah konten yang mereka buat biasanya berupa rumusan, generik, tanpa opini atau ide baru yang unik. Hal ini karena biasanya AI hanya menyodorkan data yang sudah ada tapi tidak mampu mengakses informasi real time dari website lainnya.

Di sisi lain, manusia masih mampu mengandalkan keahlian pada topik tertentu dan pengalaman hidup yang unik sehingga Anda mampu menghasilkan perspektif baru, ide inovatif, hingga informasi baru ke dalam tulisan Anda.

2. Tulis untuk audiens Anda

Meski tools AI dapat dimanfaatkan untuk memperoleh kumpulan data dan informasi, Anda tetap bisa mengolah data tersebut lalu diceritakan kembali dengan teknik storytelling yang baik sesuai dengan audiens dan persona Anda.

3. Periksa fakta tulisan

Penting bagi penulis konten atau content writer untuk mendapatkan kepercayaan pembaca. Meski chatbot AI terbaik dapat menghasilkan narasi atau teks yang baik dan argumennya terdengar masuk akal, seringkali argumen dari chatbot AI justru tidak akurat. Oleh karena itu, penting bagi Anda seorang penulis berpengalaman untuk selalu memeriksa fakta tulisan Anda sebelum menerbitkannya.

4. Terapkan praktik SEO

Menerapkan praktik SEO sangat penting untuk membuat konten yang sukses agar bisa ditemukan pembaca dengan mudah di Google Search. Hal ini juga merupakan area di mana manusia lebih unggul daripada tools AI. Salah satu alasannya adalah Google tidak menyukai teks yang dihasilkan oleh AI dan termasuk dalam kategori konten yang secara otomatis berisi spam.

Itu tadi beberapa cara agar para penulis konten atau content writer tetap bisa mengungguli tools AI seperti ChatGPT.