Industri

Adaro Dukung Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Kalimantan Selatan

  • Adaro bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong Luncurkan Gerakan TUNTAS Untuk Dukung Tabalong Menjadi Kabupaten Open Defecation Free (ODF) Pertama di Kalimantan. Adaro Juga Meresmikan  renovasi Asrama Mahasiswa GRHA PUSPA CENDEKIA Universitas Lambung Mangkurat Untuk Tingkatkan Pendidikan Berbasis Karakter.

     

Industri
trenasia

trenasia

Author

JAKARTA– PT Adaro Energy Tbk mewujudkan komitmennya untuk mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat di Kalimantan Selatan dengan  program “Adaro Nyalakan Perubahan” yang diusung oleh Adaro Foundation. 

Melalui Adaro Nyalakan Raga yang merupakan bagian dari Adaro Nyalakan Perubahan, Adaro menyerahkan alat cetak jamban sehat di Kabupaten Tabalong sebagai tanda diluncurkan gerakan Tuntas (Tinggalkan Buang Air Besar Sembarangan untuk Tabalong Sehat) untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Tabalong sebagai Kabupaten Open Defecation Free (ODF), atau Terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS). 

“Dengan gerakan Tuntas ini, diharapkan Tabalong dapat menjadi Kabupaten pertama di Kalimantan yang mendapat predikat Kabupaten ODF,” ujar Garibaldi Thohir. Dia mengatakan hal itu di sela peluncuran gerakan Tuntas di Kabupaten Tabalong, belum lama ini.

Dalam peluncuran program Tuntas ini, Adaro menyerahkan alat cetak jamban sehat untuk Kabupaten Tabalong kepada masyarakat Tabalong. Acara itu disaksika oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Forkompinda dan pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong  serta pejabat dinas terkait.

Tingginya Diare

Garibaldi menambahkan pemerintah daerah dan Adaro Foundation menyadari bahwa  masih banyak masyarakat di Kabupaten Tabalong yang belum menjalankan gaya hidup sehat.

Salah satunya Buang Air Besar Sembarangan, yang mengakibatkan masih tingginya penyakit terkait dengan sanitasi kingkungan seperti diare, cacingan, dan typhus. 

“Kondisi tersebut menjadi tantangan kita bersama.  Namun saya yakin dengan kerjasama yang solid antara Adaro Foundation dengan Pemerintah Daerah. Tantangan tersebut akan menjadi sebuah kesempatan untuk menunjukkan prestasi yang luar biasa,” tutur Garibaldi.

Keberadaan Adaro di Kalimantan Selatan dan Tengah, lanjut Galibaldi, terbukti telah berkontribusi untuk meningkatkan Human Developmnet Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia.

“Kami bersyukur dapat menjadi katalis pembangunan masyarakat Kalimantan Selatan dan Tengah, di wilayah ini Index Pembangunan Manusia terus meningkat,” katanya.

CSR Division Head Adaro Energy Okty Damayanti menambahkan program perusahaan menjadi tepat sasaran dan tersinkronisasi dengan kegiatan Pemkab Tabalong. Khususnya dalam mengejar kemajuan pembangunan di segala bidang khususnya kesehatan.

Dalam gerakan TUNTAS ini, Adaro menyerahkan 12 alat pencetak jamban sehat yang dibagikan kepada 8 desa yang menerima program pendampingan oleh Adaro Foundation.

Hingga tahun ini, Adaro telah melakukan pendampingan kepada 40 desa di Kabupaten Tabalong dan 32 desa sudah ODF. Pendampingan diberikan Adaro berupa pelatihan pengkaderan kepada masyarakat di setiap desa yang terlibat aktif dalam mengkampanyekan kebiasaan pola hidup sehat.

Adaro juga mendatangkan Sanitarian yang terampil dan handal untuk memberikan pelatihan para kader/sanitarian tingkat desa. Hingga saat ini Adaro telah berhasil mencetak 50 sanitarian desa dan 352 kader pionir desa yang sedang dalam pemusatan pelatihan. ***(GEM)