<p>Proyek LRT Jabodetabek Lintas Cawang-Dukuh Atas / Dok. PT Adhi Karya (Persero) Tbk.</p>
Industri

Adhi Karya Menang Tender Kereta Komuter Filipina Rp8,5 Triliun, Siap Teken Rp3,5 Triliun Bulan Ini

  • Adhi Karya berpartisipasi untuk dua paket proyek kereta komuter Filipina senilai total Rp8,5 triliun.
Industri
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - PT Adhi Karya (Persero) Tbk berhasil meraih kontrak untuk proyek kereta komuter di Filipina setelah memenangkan tender infrastruktur transportasi tersebut.

Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Brata mengungkapkan Adhi Karya berpartisipasi untuk dua paket proyek kereta komuter Filipina senilai total Rp8,5 triliun. 

Keduanya masing-masing yakni CP S-01 dengan nilai sekitar Rp3,5 triliun dan CP S-03C dengan nilai sekitar Rp5 triliun.

Pundjung mengungkapkan perseroan berharap kontrak senilai Rp3,5 triliun bisa diteken pada Maret 2023. Setelah penandatanganan kontrak, ADHI dapat segera melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan proyek tersebut.

"Paket yang sudah kita segera berkontrak adalah paket CP S-01, dan harapannya pada bulan depan menyusul paket CP S-03C," kata Pundjung Setya Brata, dikutip Jumat, 3 Maret 2023.

Pundjung mengungkapkan kontrak baru ini merupakan awal yang baik bagi Adhi Karya untuk bermain lebih banyak di pasar regional.

Sebelumnya, Adhi Karya membidik proyek pembangunan infrastruktur kereta commuter line di Filipina.

Lebih lanjut, Pundjung mengatakan, terkait pasar luar negeri ini, pihaknya menyesuaikan dengan strategi jangka panjang Adhi Karya yang saat ini sudah dinobatkan sebagai jawara atau champion dalam infrastruktur perkeretaapian atau railway engineering construction. Dengan demikian, perseroan juga terus menggenjot dari sisi produknya.

Untuk diketahui, Adhi Karya saat ini sedang mengerjakan beberapa proyek kereta api dengan proyek terbesarnya adalah LRT Jabodebek senilai Rp23 triliun.

Di samping itu, Adhi tengah menggarap proyek MRT Bundaran HI-Sarinah-Juanda yang merupakan proyek MRT Fase 2A Paket CP201.

Adhi juga membangun dua paket proyek kereta Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Proyek kereta Bandara NYIA ini secara keseluruhan sepanjang 4 kilometer (km), dengan 2 km di antaranya digarap Adhi. Sedangkan, di Pulau Sumatra, Adhi Karya menggarap proyek jalan tol.