<p>Suasana deretan mobil di gerai bursa mobil bekas Mal Blok M, Jakarta, Kamis, 25 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

Adira Insurance Punya Asuransi Mobil Syariah, Simak Perbedaannya dari Produk Konvensional

  • JAKARTA – PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) bersama dengan marketplace keuangan Cermati.com melalui Cermati Protect akhirnya merilis produk asuransi mobil berbasis syariah bernama Autocillin Ikhlas. Produk terbaru ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan asuransi konvensional. Keunggulan utama asuransi mobil syariah dibanding konvensional adalah para peserta asuransi saling menanggung risiko (sharing of risk). Caranya […]

Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) bersama dengan marketplace keuangan Cermati.com melalui Cermati Protect akhirnya merilis produk asuransi mobil berbasis syariah bernama Autocillin Ikhlas.

Produk terbaru ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan asuransi konvensional. Keunggulan utama asuransi mobil syariah dibanding konvensional adalah para peserta asuransi saling menanggung risiko (sharing of risk).

Caranya dengan menghibahkan kontribusi/premi yang dibayarkan untuk membantu peserta lain yang sedang terkena musibah. Dana kumpulan ini disebut sebagai dana tabarru’.

Apabila dalam satu periode polis setelah dana tabarru’ digunakan untuk membantu peserta asuransi yang klaim masih terdapat surplus, maka surplus ini akan dibagikan kepada peserta melalui program bagi hasil.

Bagi peserta yang tidak pernah melakukan klaim selama periode polis berlangsung, berkesempatan untuk mendapatkan pengembalian dana ini.

Dalam program bagi hasil, peserta diberikan dua pilihan terkait pengembalian dana tersebut yaitu sebagai pengurang kontribusi/premi polis renewal atau ditransfer ke rekening peserta.

“Produk ini secara fitur, manfaat, kontribusi/premi tidak kalah dengan asuransi mobil konvensional,” kata Vice President of Insurance Cermati Protect Juanri dalam keterangan resmi, Senin 28 Juni 2021.

Keunggulan dari Autocillin Ikhlas adalah pelanggan dapat mengajukan klaim langsung melalui Autocillin Mobile Claim Application dari ponsel. Klaim juga dapat diajukan kapanpun dan di manapun.