kredivo-paylater.jpg
Korporasi

Adopsi ESG, Kredivo Terapkan Strategi Keuangan Berkelanjutan

  • Strategi keberlanjutan yang disiapkan Kredivo yakni menerapkan keuangan berkelanjutan secara internal.
Korporasi
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA – PT Kredivo Finance Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan yang memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan usahanya. Mereka senantiasa menunjukkan komitmen untuk terus memenuhi kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Hal itu sesuai POJK Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik yang selaras dengan prinsip Environment, Social and Governance (ESG).

Strategi keberlanjutan yang disiapkan Kredivo yakni menerapkan keuangan berkelanjutan secara internal, misalnya dengan melakukan penghematan energi seperti listrik dan air dengan penghematan kertas sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan.

Tak hanya itu, Kredivo juga melaksanakan misi tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility atau CSR) untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Strategi Keberlanjutan Kredivo

Dalam melaksanakan usaha, Kredivo memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal untuk penyaluran pembiayaan melalui aplikasi tanpa adanya penggunaan kertas. 

Kredivo berusaha terus meningkatkan kesadaran tentang keuangan berkelanjutan kepada semua karyawan, salah satunya melakukan kampanye kesadaran melalui poster tentang kampanye hemat listrik, kertas, dan air di area perusahaan.

Saham Kredivo dimiliki oleh badan usaha asing 85% (FinAccel Pte.Ltd), sementara 15% sisanya dimiliki oleh badan usaha Indonesia (PT Wanteg Selaras Alam). 

Untuk saat ini, Kredivo masih berfokus pada peningkatan kesadaran karyawan dan penerapan program green office, sehingga biaya yang dikeluarkan masih belum signifikan dan tergabung dalam biaya pemasaran dan administrasi.

Kredivo juga melaksanakan kegiatan peningkatan keuangan digital masyarakat di antaranya kegiatan webinar Sexual Harassment in Digital Space (kekerasan seksual di dunia digital) yang diikuti oleh 6000 orang, serta Generasi Djempolan yang berfokus pada pengelolaan keuangan digital diikuti lebih dari 2500 orang. 

Adapun program cicilan dengan bunga 0% di Pesta Belanja Nasional berhasil mendorong 7365 transaksi dalam 9 hari, Multifinance Day APPI 2022 berhasil membukukan 106 akun baru dalam waktu 3 hari, dan OJK FinExpo 2022 berhasil membukukan 114 akun baru dalam 5 hari.

Program tersebut dilasanakan sesuai dengan misi Kredivo yakni mendorong tumbuhnya ekonomi secara berkelanjutan yang pada akhirnya akan memberikan pasar yang lebih besar bagi industri jasa keuangan. 

Penerapan keuangan berkelanjutan yang selaras dengan prinsip ESG juga akan meningkatkan ketahanan dan daya saing perusahaan agar mampu berkembang dan menyediakan sumber pendanaan yang dibutuhkan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.