Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/person-counting-cash-money-4475523/
Rumah & Keluarga

Ahli: 13 Dasar Keuangan Pribadi Ini yang Penting untuk Diketahui

  • Perencana keuangan berlisensi Hal M.Bundrick membeberkan13 dasar keuangan pribadi yang penting untuk Anda ketahui.

Rumah & Keluarga

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Keuangan pribadi adalah istilah yang mencakup semua hal yang berkaitan dengan pengelolaan uang Anda. Perencana keuangan berlisensi Hal M.Bundrick membeberkan13 dasar keuangan pribadi yang penting untuk Anda ketahui, dikutip dari Nerd Wallet, Minggu 1 Oktober 2023. 

1. Menghasilkan uang

Bundrick menyebut bahwa Beberapa orang secara mental terprogram untuk berhemat. Kebanyakan dari kita harus bekerja keras untuk menyisihkan beberapa dolar. Di sinilah pepatah lama mengatakan, “yang penting bukanlah apa yang Anda hasilkan, melainkan apa yang Anda simpan”.

Jadi penting bagi Anda untuk mengetahui konsep keuangan pribadi terkait menghasilkan uang yaitu pendapatan bersih dan pendapatan sampingan.

2. Mengelola Uang

Mengelola keuangan bisa sesederhana memutuskan untuk menyewa atau membeli rumah. Makan di luar atau masak dan keputusan-keputusan lainnya.

Pembukaan rekening tabungan, menabung, dan menginvestasikan uang pada deposito juga masuk ke dalam dasar mengelola keuangan.

3. Budgeting

Sistem budgeting dirancang untuk membantu Anda memahami dan mengevaluasi hubungan Anda dengan uang. Meskipun semuanya memiliki tujuan yang sama, orang-orang sering kali menggunakan taktik berbeda untuk mewujudkan tujuannya.

4. Menyimpan Uang

Pertimbangkan untuk menggunakan uang simpanan sebagai dana darurat, rekening tabungan kesehatan, menabung untuk membeli rumah hingga menabung untuk kuliah.

5. Maksimalkan Kartu Kredit Anda

6. Meminjam Uang

Pinjaman ini bisa berupa kredit kendaraan, pinjaman pribadi, hipotek, hingga pinjaman untuk KPR rumah.

7. Skor Kredit

Skor kredit adalah angka yang digunakan pemberi pinjaman untuk membantu menentukan seberapa berisiko meminjamkan Anda uang atau memberi Anda kartu kredit. Skor Anda ditambah hal-hal seperti hutang dan pendapatan Anda membantu pemberi pinjaman memutuskan apakah akan menyetujui permohonan kredit Anda dan menetapkan tingkat bunga.

Dua hal yang paling penting bagi nilai kredit Anda: apakah Anda membayar tagihan tepat waktu dan berapa banyak batas kartu kredit yang Anda gunakan (lebih sedikit lebih baik).

8. Pajak

9. Melunasi Utang

Kebanyakan orang cenderung untuk menunda membuat rencana pembayaran utang. Namun keluar dari utang adalah sesuatu yang mungkin bisa Anda lakukan sendiri dengan alat dan motivasi yang tepat.

10. Asuransi

Kebutuhan asuransi Anda akan bervariasi sepanjang hidup dan dapat bergantung pada kebutuhan keluarga dan kekayaan pribadi Anda. Produk asuransi yang umumnya dimiliki orang diantaranya asuransi jiwa, asuransi rumah, asuransi mobil, dan jaminan hari tua.

11. Berinvestasi

Bundrick menyarankan Anda untuk menemukan, memilih dan berinvestasi pada perusahaan dengan hati-hati.

Anda dapat mencoba berinvestasi langsung melalui saham, reksa dana, atau investasi pendapatan tetap. Investasi pendapatan tetap seperti obligasi pemerintah dan korporasi dapat memberikan sumber pendapatan yang stabil dan dapat diprediksi, seringkali dengan risiko yang lebih rendah dibandingkan investasi lainnya.

12. Memulai atau Menjalankan Usaha

Memulai atau menjalankan usaha baik sebagai bisnis utama atau sampingan bisa membantu Anda mendapatkan penghasilan tambahan.

13. Traveling

Jangan salah, traveling meski terkesan boros dan menghabiskan uang juga masuk dalam dasar-dasar keuangan pribadi. Traveling memungkinkan Anda untuk mengisi ulang energi dan merasa rileks.