Photo by Fox: https://www.pexels.com/photo/group-of-people-watching-on-laptop-1595385/
Gaya Hidup

Ahli: 4 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Menyerang Anda Secara Personal

  • JAKARTA - Dalam dinamika bekerja, tidak jarang kita menghadapi situasi yang tidak menyenangkan di mana rekan kerja menyerang secara personal.Meski kita menghara
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Dalam dinamika bekerja, tidak jarang kita menghadapi situasi yang tidak menyenangkan di mana rekan kerja menyerang secara personal.

Meski kita mengharapkan hubungan yang profesional dan saling mendukung dengan rekan kerja, kenyataan bahwa mereka menyerang Anda tentu harus Anda hadapi dengan kepala dingin.

Amy Cooper Hakim, Ph.D seorang ahli tempat kerja dan konsultan manajemen menulis untuk Psychology Today seperti dilansir oleh Tren Asia pada Minggu, 10 Juni 2023, bahwa banyak klien yang datang kepadanya dengan permasalahan rekan kerja yang menyerang mereka secara pribadi.

Alih-alih hanya tidak setuju dengan ide sang klien, rekan kerja ini justru menyerang secara pribadi.

Lebih lanjut, Hakim berbagi 4 cara untuk menghadapi rekan kerja yang menyerang Anda secara personal:

1. Lanjutkan Pekerjaan Anda

Alih-alih fokus pada drama yang diciptakan oleh rekan kerja Anda, fokuslah melakukan pekerjaan Anda tanpa merendahkan level mereka.

Tingkatkan diskusi dengan mengalihkan pembahasan dari personal dan kembali berfokus ke masalah yang ada.

Baca Juga: Tak Perlu Bingung! Cukup Lakukan 5 Langkah Ini Jika Teman Anda Toxic

2. Bicarakan dengan Rekan Kerja Anda jika Perilaku ini Berlanjut

Jika rekan Anda masih terus-menerus menyerang personal Anda meski Anda tidak menanggapinya, saatnya untuk mengatakan kepada mereka bahwa Anda ingin memiliki hubungan yang lebih baik,

Tanyakan pada mereka bagaimana pendapat mereka dan bagaimana kalian dapat menyelesaikan perbedaan yang ada.

3. Pelajari di Bagian Mana Anda Bisa Mengharapkan Dukungan dan di Bagian Mana Anda Tidak Bisa

Terus berharap rekan kerja Anda akan berubah dan berbalik mendukung Anda hanya akan mengecewakan diri Anda sendiri.

Jangan mencoba menjalin hubungan pertemanan yang bisa saling mendukung dengan rekan kerja tersebut, alih-alih fokuslah untuk menjalin hubungan kerja yang lebih profesional dengan tetap menghormatinya sebagai rekan kerja.

4. Ketahui Hak-Hak Anda

Jika Anda merasa memerlukan dukungan tambahan untuk memperbaiki situasi, kunjungi HRD atau atasan langsung Anda. Hal ini dapat Anda lakukan jika apa yang Ada alami terasa mengganggu fokus bekerja Anda dan membuat Anda merasa tidak nyaman di tempat kerja.

Nah, berikut tadi adalah artikle mengenai 4 cara menghadapi rekan kerja yang menyerang Anda secara personal. Semoga bermanfaat!