Ilustrasi membaca buku
Gaya Hidup

Ahli: 5 Cara Mengembangkan Growth Mindset

  • JAKARTA - Istilah growth mindset pertama kali diperkenalkan oleh Dr Carol Dweck Ph.D, psikolog di Universitas Stanford.Dr Carol dalam bukunya yang berjudul Mind
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Istilah growth mindset pertama kali diperkenalkan oleh Dr Carol Dweck Ph.D, psikolog di Universitas Stanford.

Dr Carol dalam bukunya yang berjudul Mindset: The New Psychology of Success menemukan bahwa kesuksesan seseorang baik dalam bidang akademis, karier, olahraga, hingga seni semuanya dipengaruhi oleh cara kita berpikir tentang bakat dan kemampuan kita.

Inilah mengapa penting bagi seseorang untuk memiliki growth mindset.

Menurut Dr Carol, seseorang dengan growth mindset percaya bahwa kemampuan mereka dapat dikembangkan. Sebaliknya, seseorang dengan fixed mindset mempercayai bahwa kemampuan adalah sesuatu yang tetap dan tidak bisa dirubah.

Sejalan dengan pendapat Dr Carol, Tchiki Davis, Ph.D seorang ahli dan konsultan di bidang kesejahteraan mental meyebutkan bahwa seseorang dengan growth mindset sering kali membangun keterampilan baru dan mewujudkan sesutu dengan lebih mudah karena mereka percaya bahwa mereka bisa. Hal itulah yang membuat mereka benar-benar mengusahakannya.

Lebih lanjut Dr Tchiki juga menyebutkan cara mengembangkan growth mindset.

5 Cara Mengembangkan Growth Mindset

1. Merangkul Ketidaksempurnaan

Akui dan rangkul ketidaksempuraan dalam diri sendiri maupun diri orang lain. Semua orang memiliki kekurangan dan ketidaksempuranaan. Itulah yang membaut kita unik.

2.  Menghadapi Tantangan dengan Berani

Pertimbangkan untuk melihat tantangan sebagai peluang. Ketika Anda menemukan diri Anda merasa cemas dan takut akan tantangan, hentikan diri Anda dan ubah situasi tersebut dalam pikiran Anda.

3. Memperhatikan Pikiran dan Ucapan Anda

Mulai berhati-hatilah dengan kata-kata yang Anda ucapkan, bahkan ketika Anda hanya mengucapkannya di dalam hati.

Jika Anda terus mengucapkan sesuatu yang negatif, kenyataan mungkin akan berjalan seperti yang Anda bayangkan.

Dengarkan apa yang Anda katakan dan pikirkan. Ketika Anda mendapati diri mengucapkan kalimat-kalimat negatif gantilah dengan kalimat yang lebih positif untuk membangun growth mindset.

4. Berhenti Mencari Validasi dari Orang Lain

Validasi dan persetujuan dari orang lain seringkali menahan Anda dari mindset berkembang. Cobalah untuk mempraktekan penerimaan diri dan persetujuan diri.

Belajarlah untuk mempercayai diri sendiri, karena Anda adalah satu-satunya orang yang akan selalu ada dalam hidup Anda.

5. Hargai Proses Alih-Alih Hasil

Ingat, yang terpenting dari semua ini adalah perjalanannya bukan tujuannya. Melalui proses, kita dapat belajar dan menemukan banyak pengalaman.

Menghargai proses memungkinkan kita untuk mengambil waktu dan energi yang diperlukan untuk belajar, tumbuh, dan menikmati perjalanan hidup. Hal ini dapat memberikan makna yang lebih mendalam di perjalanan kita menuju kesuksesan.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 5 cara mengembangkan growth mindset. Semoga bermanfaat!