Pesawat AirAsia Airbus A320 NEO
Transportasi dan Logistik

AirAsia akan Hadirkan Penerbangan Denpasar-Kertajati

  • Dukungan lainnya dari AirAsia adalah dengan pemindahan sepenuhnya layanan maskapai dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati.
Transportasi dan Logistik
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Dukung rencana pemerintah untuk Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, AirAsia hadirkan rute penerbangan Denpasar-Kertajati (pp) yang akan diresmikan bersamaan dengan pengoperasian secara penuh BIJB Kertajati pada 29 Oktober 2023 mendatang. 

Dukungan lainnya dari AirAsia adalah dengan pemindahan sepenuhnya layanan maskapai dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati.

“Setelah Kuala Lumpur, kami akan kembali menjadi maskapai pertama yang melayani rute Denpasar dari Bandara Internasional Kertajati pada 29 Oktober nanti. Ini menjadi bukti komitmen kami dalam mendukung pemerintah memajukan konektivitas udara dari Kertajati,” ujar Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine Sinaga dalam keterangan resmi pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Veranita menyebutkan pihaknya telah mendukung pengembangan BIJB Kertajati sejak 17 Mei 2023 lalu. Dukungan tersebut dengan menghadirkan rute penerbangan internasional ke Kuala Lumpur dari Kertajati. Bahkan, Veranita mengklaim maskapai mencatat tingkat keterisian pesawat mencapai 70% pada penerbangan perdananya.

“Untuk penerbangan perdana, angka ini cukup besar dan membuktikan animo positif yang tinggi dari masyarakat. Hal ini jugalah yang semakin memotivasi semangat kami untuk lebih kuat lagi mempromosikan penerbangan dari dan ke Kertajati,” ujar Veranita.

AirAsia mengoperasikan penerbangan harian domestik dari dan ke Bandara Kertajati. Penerbangan tersebut meliputi rute Kertajati ke Denpasar dengan keberangkatan pukul 08:15 dan kedatangan pukul 10:55. Sedangkan, rute Denpasar-Kertajati memiliki jadwal penerbangan pada pukul 07:00 dengan kedatangan pada pukul 07:50.

Sementara itu, untuk rute internasional Kertajati-Kuala Lumpur, pesawat berangkat setiap hari Rabu dan Minggu pada pukul 10:50, tiba pada pukul 14:05. Sebaliknya, yaitu Kuala Lumpur-Kertajati, memiliki jadwal penerbangan pada pukul 09:05 dan tiba pada pukul 10:20, dan beroperasi setiap hari Rabu dan Minggu.

Melalui jaringan penerbangan tersebut, diharapkan terbuka lebih banyak akses bagi masyarakat lokal dan memberikan pintu masuk kepada para wisatawan yang tiba di BIJB Kertajati untuk bertamasya di Indonesia.

Pemerintah sendiri memiliki rencana untuk menjadikan BIJB Kertajati sebagai gerbang utama konektivitas penerbangan untuk kawasan Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Cimahi, Sumedang dan sekitarnya dan kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan).