Air Force One Disambar Petir, Trump: Amazing!

  • Salah satu pesawat kepresidenan Amerika yang dikenal sebagai Air Force One terlihat seperti tersambar petir saat berada di darat. Presiden Donald Trump pun menyebutnya sebagai sesuatu yang “amazing”. Steve Brusk, produser pengawas politik CNN, mengunggah foto Air Force One tampak seolah dihantam petir. Menurut Brusk, foto itu diambil oleh “very wet pool crew”  dari Orly […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

Salah satu pesawat kepresidenan Amerika yang dikenal sebagai Air Force One terlihat seperti tersambar petir saat berada di darat. Presiden Donald Trump pun menyebutnya sebagai sesuatu yang “amazing”.

Steve Brusk, produser pengawas politik CNN, mengunggah foto Air Force One tampak seolah dihantam petir. Menurut Brusk, foto itu diambil oleh “very wet pool crew”  dari Orly Ruiz, Michael Wade Sanders dan Liz Turrell. Sebenarnya petir memang tidak menyambar langsung pesawat, tetapi di foto terlihat masih cukup mencengangkan.

“Presiden Trump harus membatalkan rencana tur untuk memantau kerusakan Hurricane Dorian karena badai di Fayetteville, NC. Ini adalah sambaran petir di belakang Air Force One tak lama setelah dia tiba,” tweet Brusk.

Presiden Amerika pun kemudian mem-posting ulang foto itu dan  menyebutnya “luar biasa.”

Presiden datang ke North Carolina tiga hari setelah angin topan mendarat. Foto itu diambil ketika Trump menuju ke  kampanye di Fayetteville, untuk mendukung kandidat Republik Senator Dan Bishop dalam pemilihan khusus yang akan berlangsung pada hari Selasa.

Para ahli penerbangan mengatakan bahwa sambaran petir pada pesawat bukan hal aneh dan diyakini bahwa setiap pesawat yang digunakan secara teratur disambar petir setidaknya setahun sekali.

Tetapi tidak pernah ada  pesawat yang  jatuh karena petir  sejak 1963. Pesawat saat ini terlindung oleh Faraday Cage, yang menghalangi bidang listrik statis dari luar. Bahkan tidak akan mempengaruhi interior pesawat.

Dengan kalimat sederhana  jika terkena petir pesawat akan membiarkan arus melewati badan pesawat sampai tanah, menjaga integritas sistem ‘. Selain itu, semua pesawat komersial dan militer telah dirancang untuk memenuhi persyaratan anti petir sebagai salah satu syarat sertifikasi kelaikan udara.