Air Terjun Tirto Sari Sarangan
Nasional

Air Terjun Tirto Sari, Wisata Alternatif di Dekat Telaga Sarangan

  • Air Terjun Tirto Sari berada sekitar 2 kilometer dari Telaga Sarangan. Loket pintu masuk air terjun ini berada di kawasan Telaga Sarangan, tepatnya berada di sebelah sisi barat daya dekat monumen pesawat tempur.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Telaga Sarangan masih menjadi magnet bagi masyarakat dari berbagai daerah. Telaga yang berada di sekitar kaki Gunung Lawu ini memang menyimpan keindahan yang tidak ditemukan di tempat lainnya. Selain itu, hawa sejuk dan dingin juga menjadi candu bagi para wisatawan untuk terus berkunjung.

Namun dibalik itu, terdapat sebuah wisata lainnya yang berada di kawasan tersebut. Wisata itu sekaligus dapat dijadikan alternatif kunjungan selain Telaga Sarangan. Air Terjun Tirto Sari berada sekitar 2 kilometer dari Telaga Sarangan. 

Loket pintu masuk air terjun ini berada di kawasan Telaga Sarangan, tepatnya berada di sebelah sisi barat daya dekat monumen pesawat tempur. Dari loket, wisatawan dapat berjalan menyusuri jalan yang berada di samping aliran air ataupun menggunakan ojek motor melalui jalan desa yang berada di bawahnya.

Namun apabila pengunjung membawa kendaraan sendiri, maka dapat mengendarai kendaraannya hingga parkiran air terjun yang berada di kawasan pemukiman terakhir sebelum memasuki air terjun. Dari loket hingga tempat parkir berjarak kurang lebih 1 kilometer dan berlanjut dari parkiran menuju air terjun sekitar 1 kilometer juga.

Perjalanan menuju air terjun Tirto Sari memang membutuhkan tenaga yang ekstra. Pasalnya dari lokasi parkir hingga air terjun, wisatawan akan dihadapkan dengan jalanan setapak panjang yang berada di pinggir aliran air yang jernih. Jalan setapak itu memiliki kontur naik turun dan terkadang ada beberapa spot yang licin karena terkena hujan atau kabut.

Meski begitu, pemandangan di kanan kiri sepanjang perjalanan sangatlah mempesona. Hamparan perkebunan sayur milik warga desa terlihat luas menghampar. Selain itu deretan bukit yang menjulang juga terlihat indah. Keberadaan aliran air di pinggir jalan menuju destinasi wisata menjadi hiburan tersendiri sebab apabila lelah berjalan dapat duduk beristirahat sembari bermain air.

Usai berjalan sejauh hampir 1 kilometer dengan medan yang berat, pengunjung akan tiba di lokasi tujuan yakni Air Terjun Tirto Sari. Pemandangan air terjun yang menjulang tinggi seakan menghilangkan rasa lelah usai berjalan. Air terjun ini memiliki beberapa undakan pada aliran sungainya. Kemudian pada bagian atas merupakan air terjun utama yang menjulang tinggi.

Derasnya aliran air terjun memberikan kesan seakan telah terjadi gerimis di sekitar aliran. Bagi pengunjung yang memiliki adrenalin tinggi, dapat mencoba untuk mandi di bawah aliran air terjun yang dingin tersebut. Namun perlu diperhatikan juga agar tidak melakukan hal tersebut saat hujan tiba sebab berbahaya.

Meski lokasinya lumayan jauh dan meniti jalanan yang terjal, pengunjung tidak perlu khawatir akan stok bekal makanan serta minuman. Pada beberapa titik jalanan tersebut terdapat penjual makanan ringan dan minuman yang siap membantu pengunjung memenuhi asupan makanan. Mereka biasanya menjajakan gorengan hangat, mie instan, serta minuman hangat. Sangat pas dinikmati kala udara kawasan tersebut yang cenderung dingin.

Selain itu, salah satu hal yang khas ketika perjalanan menuju air terjun adalah seringkali melihat penjual tongkat. Tidak heran sebab jalanan yang terjal membuat pengunjung terkadang harus membutuhkan alat bantu berupa tongkat untuk berjalan. Fasilitas air terjun tersebut cukup memadai sebab telah ada kamar mandi yang bersih.