<p>CEO AirAsia Group Tony Fernandes / AirAsia.com</p>
Nasional & Dunia

AirAsia X Likuidasi Lini Bisnis di RI, CMPP Tegaskan Maskapai Masih Beroperasi

  • Faktanya, tidak terdapat hubungan antara AirAsia Indonesia dengan AirAsia X yang telah mengonfirmasi penutupan operasional di Indonesia.

Nasional & Dunia
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Beberapa waktu lalu dikabarkan bahwa PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) berada di ujung tanduk yang berujung pada penutupan operasional. Pemberitaan ini berawal dari rencana AirAsia X Berhad yang akan melikuidasi unit usahanya di Indonesia.

Namun faktanya, tidak terdapat hubungan antara AirAsia Indonesia dengan AirAsia X yang telah mengonfirmasi penutupan operasional di Indonesia. AirAsia X sendiri merupakan maskapai yang fokus melayani perjalanan jarak jauh dengan waktu terbang lebih dari empat jam.

Head of Corporate Secretary AirAsia Indonesia, Indah Permatasari Saugi menegaskan, pihaknya tetap melanjutkan operasionalnya di rute domestik dan internasional seperti biasa.

“Tidak ada hubungan antara AirAsia X dengan perseroan,” ujarnya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selain itu, Indah menyatakan bahwa pemberitaan tersebut juga tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja keuangan perseroan. Pasalnya, memang tidak ada hubungan operasional maupun keuangan antara AirAsia Indonesia dengan AirAsia X.

Beberapa waktu lalu, Deputi Chairman AirAsia X Lim Kian Onn menuturkan, penutupan operasional unit usaha di Tanah Air tersebut merupakan bagian dari restrukturisasi yang dilakukan maskapai untuk menghapus utang sebesar Rp222 triliun.

“Tidak ada yang bisa mendapatkan keuntungan dari ditutupnya usaha kami,” imbuhnya, dikutip dari Bloomberg.

Sebelumnya, PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) terpaksa mengencangkan biaya operasional perseroan guna mempertahankan likuiditas hingga akhir tahun ini. Upaya itu mau tidak mau dilakukan lantaran pada semester I-2020 lalu, AirAsia harus menangguk rugi bersih lebih dari Rp1,22 triliun.

Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine mengungkapkan, pihaknya kini masih berupaya merasionalisasi seluruh biaya operasional perusahaan dan juga menghemat biaya-biaya tunai pengeluaran. (SKO)