Penandatanganan perjanjian antara Mubadala dan Airbus
Dunia

Airbus dan Mubadala Beri Kesempatan Magang Mahasiswa Uni Emirat Arab

  • Selama tiga tahun ke depan, 12 mahasiswa jurusan teknik asal UEA akan diberi kesempatan magang di kantor pusat Airbus di Toulouse, Prancis.
Dunia
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

DUBAI - Airbus dan perusahaan investasi Mubadala pada Selasa, 14 November 2023 lalu dilaporkan telah menandatangani perjanjian untuk memberikan kesempatan magang kepada mahasiswa Uni Emirat Arab (UEA) di bidang teknik.

Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan oleh Fatima Al Marzooqi, Direktur Portofolio Emiratisasi dari Mubadala dan Mikail Houari, Presiden Airbus, Afrika dan Timur Tengah pada acara Dubai Airshow 2023.

Selama tiga tahun ke depan, 12 mahasiswa jurusan teknik asal UEA akan diberi kesempatan magang di kantor pusat Airbus di Toulouse, Prancis di bawah pengawasan para ahli dan spesialis dari Airbus.

“Mubadala dengan senang hati mendukung inisiatif penting ini yang tidak hanya akan meningkatkan ekonomi berbasis pengetahuan yang berfokus pada masa depan di UEA namun juga memberikan peluang luar biasa bagi pelajar Emirat,” ujar Direktur Portofolio Emiratisasi Mubadala, Fatima Al Marzooqi dalam keterangan resmi.

Fatima menyampaikan kesadarannya terhadap aset utama, yaitu sumber daya manusia menjadi dasar dalam menjalin kemitraan inovatif dengan Airbus. Melalui kerjasama ini, mereka berharap dapat menciptakan dan menumbuhkan bakat global dari mahasiswa UEA. 

Fatima menekankan program magang bersama Airbus ini memiliki arti penting dalam upaya Emiratisasi mereka. Hal tersebut sejalan dengan dukungan Mubadala terhadap percepatan dan transformasi berkelanjutan di Uni Emirat Arab, dengan fokus pada pengembangan bakat di sektor-sektor penting yang mendukung pertumbuhan dan keberhasilan Abu Dhabi di masa mendatang.

Presiden Airbus Afrika dan Timur Tengah, Mikail Houari menyampaikan selama beberapa dekade ini Airbus telah bekerja sama dengan organisasi lokal dan regional. Tujuan dari kerjasama tersebut ialah untuk membina, mengembangkan, serta memberikan inspirasi kepada generasi muda agar memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk mendukung kemajuan di sektor penerbangan dan kedirgantaraan di masa depan. 

“Industri ini sangat penting untuk diversifikasi ekonomi jangka panjang dan pembangunan berkelanjutan di kawasan ini. Kami bangga telah menandatangani kemitraan baru ini dengan Mubadala dan kami menantikan kolaborasi bertahun-tahun untuk mendorong lokalisasi sektor penerbangan global kami. keahlian dan mendukung upaya Emiratisasi,” ujar Mikail Houari.

Selama lebih dari lima puluh tahun, Airbus telah aktif beroperasi di Timur Tengah dengan berkolaborasi bersama pemerintah dan maskapai penerbangan lokal. Airbus juga konsisten menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan dan universitas di wilayah Timur Tengah dan Afrika untuk merancang serta melaksanakan program pendidikan yang fokus pada pengembangan ilmu kedirgantaraan dan penerbangan. 

Upaya tersebut meliputi pengayaan keterampilan bagi pelajar dan profesional muda, pelaksanaan proyek penelitian inovatif, serta pemberian beasiswa kepada siswa.

Airbus juga menegaskan komitmennya dalam mendukung pendidikan di bidang Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) di wilayah Timur Tengah dan Afrika dengan menjadi sponsor dan aktif terlibat dalam program-program yang mengembangkan disiplin ilmiah tersebut.