Menko Airlangga (ekon.go.id)
Nasional

Airlangga Hartarto Datangi Simulasi Makan Siang Gratis di Tangerang

  • Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, turut serta dalam simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang. Program makan siang gratis tersebut nantinya akan dijalankan oleh Prabowo-Gibran jika mereka terpilih sebagai pemenang Pilpres 2024.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, turut serta dalam simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang. Program makan siang gratis tersebut nantinya akan dijalankan oleh Prabowo-Gibran jika mereka terpilih sebagai pemenang Pilpres 2024.

Airlangga menjelaskan simulasi di SMP tersebut merupakan undangan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang. Dia menyebut, SMPN 2 Curug adalah volunteer program makan siang gratis.

“Ini volunteer, pemerintah membuka model siapa yang ingin membuat volunteer ini. Saya dapat undangan kabupaten Tangerang jadi saya hadir di sini,” kata Airlangga kepada wartawan di Tangerang, Kamis, 29 Februari 2024.

Airlangga menyatakan awalnya Pemerintah Kabupaten Tangerang mengusulkan diri mereka sebagai lokasi untuk melakukan simulasi. Pemerintah setuju dengan usulan tersebut karena Tangerang memiliki beragam tipologi, termasuk perkotaan, pedesaan, dan pesisir.

“Di Kabupaten Tangerang ini memiliki sekolah dengan 3 tipologi nasional, di perkotaan, pedesaan dan pesisir, sehingga cocok untuk pilot project,” kata Airlangga di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, pada Kamis.

SMP Negeri 2 Curug dipilih sebagai lokasi simulasi tersebut.

Airlangga berharap, pemerintah dapat mempelajari hambatan dan tantangan yang mungkin dihadapi. Dengan begitu, program makan siang gratis yang direncanakan akan dilaksanakan pada 2025 dapat berjalan dengan lancar. Dia juga berharap program simulasi serupa akan dilakukan pada kesempatan berikutnya.

“Simulasi ini menjadi laboratorium mini Indonesia menuju program yang lebih besar,” ungkap dia.

Airlangga menjelaskan anggaran untuk simulasi program makan siang ini bukan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), tetapi berasal dari dana dari dinas terkait. Dia juga mengakui kegiatan simulasi ini merupakan bagian dari persiapan untuk program makan siang Prabowo-Gibran.

“Kita belanja masalah dulu. Ini kan program untuk pemerintahan 2025 (Prabowo-Gibran),” terang Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut, Mantan Bupati Tangerang, Ahmed Zaky, juga hadir. Dia menjelaskan program tersebut merupakan program Aksara, yang merupakan singkatan dari anak sehat dan sejahtera.

Zaky menyatakan, Pemkab memberikan makan siang gratis sesuai dengan program strategis Indonesia Emas 2045.

“Untuk mempersiapkan Indonesia Emas 2045 hanya bisa dicapai melalui generasi yang sehat secara jasmani cerdas dan secara intelektual,” kata Zaky yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah Jakarta Prabowo-Gibran.

Dia menjelaskan, makanan yang dibagikan ke murid-murid tersebut berasal dari para pedagang kantin di sekitar sekolah. Zaky juga mengungkapkan, pihaknya mengambil pos anggaran dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) afirmatif untuk memberikan makan siang senilai Rp15 ribu per anak.

“Pola pendanaannya kita mengusulkan melalui BOS spesifik atau BOS afirmatif khusus penyediaan makan siang siswa ini, bisa dari rekening terpisah dari bos reguler ke bos afirmatif agar pemantauan anggaran jelas dan tertib,” terang Zaky.