CEO & Co-Founder PT Esensi Solusi Buana (ESB), Gunawan (kiri) bersama COO & Co-Founder ESB, Eka Prasetya (kanan) saat menunjukkan ekosistem ESB di sela Press Conference ESB x Foodizz Academy F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal di Jakarta, Selasa 23 Mei 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Ajak Pebisnis Kuliner UMKM Jadi Juara Lokal, ESB dan Foodizz Gelar Roadshow Nasional

  •  Saat ini bisnis pada sektor industri restoran dan rumah makan sedang berkembang seiring dengan memulihnya kondisi ekonomi pasca pandemi COVID-19. Kementer
Foto
Panji Asmoro

Panji Asmoro

Author

Saat ini bisnis pada sektor industri restoran dan rumah makan sedang berkembang seiring dengan memulihnya kondisi ekonomi pasca pandemi COVID-19. Kementerian Perindustrian RI mencatat, di tahun 2022 terdapat kenaikan sebesar 3,68% pada segi pertumbuhan sektor industri restoran dan rumah makan. 

Angka tersebut meningkat dari tahun 2021 yang hanya sebesar 2,95%. Sementara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mencatat, kuliner merupakan subsektor penyumbang terbesar dari Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif. Subsektor kuliner menyumbang Rp 455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif sebesar Rp 1.134 triliun pada 2020. 

Melihat hal ini, PT Esensi Solusi Buana (ESB) menggandeng Foodizz Academy menjalankan sebuah roadshow yang bertajuk F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal yang berlangsung mulai bulan Maret hingga Agustus 2023. Roadshow ini dapat diikuti secara gratis oleh para pebisnis kuliner lokal di kota Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia