Pistol yang digunakan menembak Bily the Kid
Dunia

Akan Dilelang, Pistol Ikonik Penembak Billy the Kid Diharap Terjual Rp43,5 Miliar

  •  LOS ANGELES- Pistol yang membunuh buronan legendaris Billy The Kid pada abad 19 akan dilelang. Ini adalah salah satu senjata ikonik dari masa Barat Liar A
Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

LOS ANGELES- Pistol yang membunuh buronan legendaris Billy The Kid pada abad 19 akan dilelang. Ini adalah salah satu senjata ikonik dari masa Amerika masih menjadi wilayah liar.

Rumah lelang Bonhams pada Rabu 21 Juli 2021 sebagaimana dilaporkan Reuters mengatakan lelang akan dilakukan Agustus 2021 mendatang. Dalam lelang tersebut pistol buatan Colt milik Sheriff Pat Garrett itu diharapkan laku terjual US$2 hingga US$3 juta atau sekitar Rp29 miliar hingga Rp43,5 miliarHarga Emas Hari Ini: Berkurang Rp1.000

Garrett menggunakan pistol itu untuk menembak mati Billy The Kid pada 1881 setelah memburunya selama berbulan-bulan. Bonhams menggambarkan pistol itu sebagai "harta karun paling ikonik dari sejarah awal Western" di Amerika Serikat.

Senjata tersebut milik pasangan Jim dan Theresa Earle asal Texas, kolektor beragam senjata dan artifak Western selama sekitar 50 tahun. Jim Earle meninggal pada 2019 dan keluarganya kini sedang menjual koleksinya.

Billy the Kid adalah seorang buronan di Arizona dan New Mexico yang telah membunuh delapan orang. Garrett memburunya hingga ke sebuah peternakan di Fort Sumner, New Mexico dan menembaknya pada 14 Juli 1881.

Kisah mereka telah diabadikan dalam budaya pop selama lebih dari 100 tahun, termasuk dalam film "Pat Garrett and Billy the Kid" dan "Young Guns".

Barang lain yang akan dilelang pada 27 Agustus di Los Angeles adalah senapan laras-ganda yang dipakai Billy the Kid saat kabur dari gedung pengadilan New Mexico pada April 1881. Senapan itu diperkirakan bernilai US$200.000 sampai US$300.000.