Petugas gabungan mengarahkan kendaraan saat uji coba penerapan sistem ganjil genap di Jalan Raya Puncak, Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 3 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Destinasi & Kuliner

Akhir Pekan Jalur Wisata Puncak Bogor Macet Parah

  • Kebijakan ganjil-genap akan menggantikan sistem one way alias buka-tutup jalur yang sudah berlaku 36 tahun di Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Destinasi & Kuliner
Sukirno

Sukirno

Author

BOGOR - Arus lalu lintas di kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada akhir pekan ini macet dipenuhi wisatawan.

Berdasarkan pantauan TrenAsia.com di lokasi, Minggu, 19 September 2021, arus lalu lintas yang diberlakukan buka-tutup jalur, tampak kemacetan parah.

Sekira pukul 16.00 WIB, arus lalu lintas dibuka untuk kendaraan yang turun menuju Ciawi dan Tol Jagorawi. Kepadatan terjadi sejak dari area Puncak Pas dan Gunung Mas.

Sebaliknya, arus naik dari Ciawi ke arah Puncak dan Cianjur ditutup untuk sementara. Kendaraan yang akan menunju puncak harus berhenti sehingga menimbulkan kemacetan.

Sejumlah area wisata kebun teh, penginapan, dan warung-warung makan dipadati pengunjung yang mayoritas berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Terlihat dari kendaraan-kendaraan yang berlalu lintas sebagian besar berpelat nomor Jabodetabek.

Situasi di puncak menjelang petang mulai turun kabut dan gerimis. Namun, cuaca dengan jarak pandang kurang dari 10 meter itu tidak mengurangi antusiasme wisatawan lokal yang ingin menghabiskan akhir pekan di kawasan Puncak, Bogor.

Ganjil Genap

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin bersama Bupati Cianjur Herman Suherman menyepakati rekayasa lalu lintas sistem ganjil-genap di Puncak, Jawa Barat dipermanenkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kebijakan itu akan menggantikan sistem one way alias buka-tutup jalur yang sudah berlaku 36 tahun di Puncak.

Namun, pemberlakuan sistem ganjl-genap ataupun sistem satu arah, hanya merupakan penanganan kepadatan volume kendaraan secara jangka pendek. Pemerintah pusat bisa melanjutkan pembangunan jalan Jalur Puncak II atau Poros Timur Tengah (PTT) untuk penanganan jangka panjang.

Bupati Cianjur Herman Suherman juga menyatakan sepakat jika sistem ganjil-genap yang kini memasuki tahap uji coba pekan ketiga dipermanenkan di Jalur Puncak.

Dari lima daerah sekitaran Jalur Puncak yang menerapkan sistem ganjil-genap, jumlah lokasi pemeriksaan kendaraan pada rekayasa lalu lintas tersebut menjadi 14 titik.

Pada uji coba penerapan sistem ganjil-genap di pekan ketiga ini pelaksanaan teknisnya sama seperti uji coba pada dua akhir pekan sebelumnya, yakni berlaku mulai Jumat siang hingga Minggu tengah malam.

Jumlah lokasi pemeriksaannya di Kabupaten Bogor pun masih sama di delapan titik, yaitu Simpang Pasir Angin, pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan, dan dua lokasi di Kawasan Sentul.