<p>Bendungan Sukamahi/PUPR</p>
Nasional

Akhirnya, Bendungan Karya BUMN Brantas Abipraya Diresmikan

  • Bendungan Bintang Bano yang dibangun perusahaan konstruksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Brantas Abipraya (Persero) akan segera diresmikan akhir tahun 2021 sejak awal pembangunannya di tahun 2015.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Bendungan Bintang Bano yang dibangun perusahaan konstruksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Brantas Abipraya (Persero) akan segera diresmikan akhir tahun 2021 sejak awal pembangunannya di tahun 2015.

Berdasarkan keterangan resmi pada Jumat 17 Desember 2021 dijelaskan bahwa bendungan ini didesain dengan tinggi 72 meter serta memiliki panjang 497,45 meter yang memiliki fungsi untuk pengendalian banjir ulangan 25 tahun di Taliwang, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Bendungan ini nantinya dapat membendung aliran sungai Brang Rea dengan total kapasitas tampungan 65,84 juta meter kubik (m3) dan luas genangan 277, 52 hektare (Ha). Selain itu, bendungan juga mendukung pertanian di Sumbawa Barat yang mampu mengairi lahan seluas 6.695 Ha," jelas Sekretaris PT Brantas Abipraya Miftakhul Anas, dikutip pada Sabtu, 18 Desember 2021.

Bendungan multifungsi Bintang Bano merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terletak di Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Kemudian, bendungan multifungsi ini mampu mereduksi banjir sekitar 22% setara dengan 647 meter kubik (m3) per detik.

Lebih lanjut, Bendungan Bintang Bano karya Abipraya  bisa menghasilkan air baku sebesar 555 liter per detik.