challenger.jpg
Dunia

Akhirnya Challenger 2 dan Styrker Muncul di Medan Perang Ukraina

  • JAKARTA-Untuk pertama kalinya tank Challanger bantuan Inggris dan kendaraan lapis baja Stryker Amerika muncul ke medan perang Ukraina.Strykers dan Challanger se

Dunia

Amirudin Zuhri

JAKARTA-Untuk pertama kalinya tank Challanger bantuan Inggris dan kendaraan lapis baja Stryker Amerika muncul ke medan perang Ukraina.

Strykers dan Challanger secara membingungkan absen di garis depan sejak serangan balasan dimula. Keduanya bersama Marders Jerman pertama kali tiba di Ukraina pada bulan Maret. Beberapa beranggapan bahwa mereka ditahan sebagai cadangan untuk dorongan yang lebih besar.

Tetapi Stryker memulai debut kemunculannya dengan tidak bagus karena menjadi sasaran drone bunuh diri Rusia. Video berdurasi 28 detik yang menjadi muncul di media sosial Selasa 15 Agustus 2023 menunjukkan kendaraan saat sedang berjalan di jalan raya.  Sesaat kemudian  drone Lancet Rusia muncul dari samping dan  menabrak Stryker  atau setidaknya meledak sangat dekat sisi belakang kanannya sekitar dua detik kemudian.

Tidak jelas seberapa parah kendaraan itu rusak.  Video hanya menunjukkan  waktu sekitar satu detik setelah Stryker dihantam. Kendaraan terlihat masih bergerak di jalan sebelum video terputus.  Pada kesempatan lain mungkin video yang lebih lengkap akan dirilis. 

Stryker sesaat sebelum diserang drone/Telegram

Amerika sebelumnya telah menjanjikan ke ukraina untuk mengirim 189 Stryker. Didukung oleh motor enam silinder  350 tenaga kuda, Stryker beroda delapan dan seberat  23 ton ini dapat mencapai kecepatan tertinggi sekitar 60 mph. Ini sangat cepat untuk kendaraan lapis baja. kecepatannya diharapkan menjadi faktor pelindung terhadap artileri yang mencoba membidiknya atau berlari lebih cepat dari drone yang mematikan.

Sementara itu kehadiran Challenger 2 di medan perang dikonformasi oleh sebuah foto yang juga muncul pertama pada Selasa 5 Agustus 2023. Tank terlihat menggunakan atap pelindung yang menjadi tenar dalam perang Ukraina. Pelindung ini dipasang untuk melawan drone kamikaze.  

Tidak jelas di mana foto tank ini diambil. Tetapi bloger Rybar yang terkait dengan Kremlin mengakui ini adalah bukti nyata pertama dari kemunculan kendaraan ini  di garis depan. Sebelumnya mereka hanya terlihat di tempat latihan.

Pasukan Cadangan

Kemunculan Challenger 2 dan Strkyer setidaknya mengkonfirmasi bahwa Ukraina telah mengerahkan pasukan yang mereka cadangkan. Pasukan yang mendapat pelatihan dan peralatan dari negara-negara NATO.

Rob Lee, peneliti Senior di Institut Penelitian Kebijakan Luar Negeri Amerika menyebut  Stryker yang ada di dalam rekaman secara geolokasi berada sekitar 1,5 mil timur laut kota Robotyne di Oblast Zaporizhzhia. Lee mencatat bahwa kendaraan itu kemungkinan besar milik Brigade Lintas Udara ke-82. Sebuah unit yang diyakini ditahan sebagai cadangan untuk serangan balasan yang lebih besar.

Ahli senjata ini menambahkan brigade itu adalah salah satu unit Infanteri yang lebih elit di Ukraina. Bisa dibilang, kombinasi kendaraan tempur infanteri berstandar NATO yang sangat mobile yang didukung oleh tank Challengers, akan menjadikan Divisi 82 sebuah kekuatan yang dirancang untuk maju dengan cepat untuk merebut tanah. Kyiv Post pada bulan Mei 2023 melaporkan di atas kertas, Divisi 82 terlihat sangat mirip dengan tugas formasi yang diatur untuk menembus garis pertahanan yang dibuat oleh pasukan lain.