<p>Produk-produk yang laris manis di e-commerce Tokopedia saat pandemi / Tokopedia.com</p>
Fintech

Akhirnya, Tokopedia Geser Shopee Jadi Raja e-Commerce Indonesia

  • Tokopedia menjadi e-commerce nomor di Indonesia pada kuartal II-2021 dalam hal traffic website, menggantikan Shopee untuk pertama kalinya sejak kuartal IV-2019
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Tokopedia menjadi website e-commerce nomor satu di Indonesia pada kuartal II-2021 dalam hal traffic website, menggantikan Shopee untuk pertama kalinya sejak kuartal IV-2019. 

Akan tetapi, dalam hal peringkat unduhan Appstore (iOS) dan Playstore (Google), Shopee masih menempati peringkat nomor satu. Sedangkan Tokopedia berada di urutan dua di Appstore dan empat di Playstore.

Peringkat Tokopedia di Appstore ini berada setelah Lazada di peringkat dua dan Sociolla urutan ketiga. 

“Aplikasi Sociolla telah mendapatkan daya tarik setelah menerima dana pada pertengahan 2019,” tulis riset terbaru App Annie yang bertajuk Peringkat e-Commerce App Annie 2Q21, dikutip Senin 27 September 2021.

Sementara itu, Bukalapak berada di peringkat ke-3 dalam hal lalu lintas situs web, yang tidak berubah, dengan 29 juta pengunjung situs web bulanan. Sedikit di atas 28 juta Lazada dan 18 juta Blibli, tetapi di bawah 148 juta Tokopedia dan 127 juta Shopee. 

Untuk peringkat unduhan Appstore dan Playstore, Bukalapak masing-masing berada di peringkat enam dan lima, alias tidak berubah dari kuartal sebelumnya.

Selanjutnya, Blibli berada di peringkat lima dalam hal lalu lintas kunjungan situs web, tetapi masih di belakang paket untuk peringkat unduhan aplikasi. Blibli memiliki 18 juta pengunjung situs web bulanan di kuartal II-2021.

Pengunjung situs ini menempatkan Blibli di posisi kelima dalam hal lalu lintas situs web, di atas Bhineka (7 juta pengunjung bulanan) dan JD.ID (4 juta pengunjung bulanan). 

“Bilibli telah kehilangan tempat dalam unduhan aplikasi.”

Dalam hal peringkat unduhan Appstore, Blibli berada di peringkat ke-8, disusul oleh JD.ID di kuartal II-2021 dan peringkat ke-7 untuk unduhan Playstore, di belakang JD.ID (6) dan Bukalapak (5).