<p>CEO &amp; Co-Founder CrediBook Gabriel Frans (kiri) bersama CEO &amp; Co-Founder Payfazz Hendra Kwik dalam peresmian aplikasi Payfazz Buku, Senin 21 Juni 2021. Aplikasi Payfazz Buku powered by CrediBook merupakan layanan pencatatan keuangan digital yang fokus dihadirkan bagi UMKM ritel. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Fintech

Akses Buku Kas Credibook Permudah Akses Kredit UMKM

  • JAKARTA - PT Ruang Dagang Internasional (Credibook) melakukan pembaharuan pada aplikasi pencatatan kas secara digital, untuk mempermudah akses Usaha Mikro Kecil
Fintech
Adinda Purnama Rachmani

Adinda Purnama Rachmani

Author

JAKARTA - PT Ruang Dagang Internasional (Credibook) melakukan pembaharuan pada aplikasi pencatatan kas secara digital, untuk mempermudah akses Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengajukan kredit perbankan.

CEO Credibook Grabriel Frans menjelaskan jika pembaharuan digitalisasi sangat penting dilakukan untuk membantu para pelaku usaha UMKM di pelosok Indonesia.

"Manfaat digitalisasi ini akan dimanfaatkan UMKM secara menyeluruh. Credibook hadir berpartisipasi dalam digitalisasi UMKM di daerah tier II dan tier III. Sebanyak 45%  pengguna aplikasi pencatatan keuangan digital credibook ada di wilayah tier II dan tier III," ucap Gabriel Frans, dalam keterangan resmi, Kamis, 6 Januari 2021.

Gabriel mengklaim jika Credibook dapat membuat laporan keuangan dalam waktu kurang dari 5 menit di dalam aplikasi. Dengan melampirkan laporan keuangan usaha selama 3 bulan terakhir dari CrediBook, pelaku usaha dapat mengajukan KUR.

Lebih lanjut, Credibook mendukung perkembangan bisnis UMKM di daerah  dengan upaya edukasi dan pendampingan yang digelar Credibook di berbagai daerah di Indonesia. Selama 2021 pihaknya telah melakukan 80 upaya edukasi baik online mau offline kepada pelaku usaha.

"Kami memberikan pelatihan edukasi seperti pelatihan, media sosial, dan lainnya untuk meningkatkan literasi digital dan keuangan secara bersamaan. Ke depannya, kami optimis ekosistem digital CrediBook bisa membantu semakin banyak UMKM untuk berkembang,"ucap Gabriel.