<p>Presiden Joko Wododo saat memberikan bantuan modal kerja untuk UMKM di Istana Bogor / Setneg.go.id</p>
Industri

Akses Informasi BPUM Bisa Lewat Situs BRI, Lho

  • JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI meluncurkan situs khusus eform.bri.co.id/bpum, ditujukan bagi masyarakat yang ingin mengakses Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM) dari pemerintah. “Perseroan membuat website khusus yang bisa diakses oleh masyarakat untuk memastikan apakah mendapatkan BPUM dari pemerintah atau tidak,” kata Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto dalam keterangan tertulis […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI meluncurkan situs khusus eform.bri.co.id/bpum, ditujukan bagi masyarakat yang ingin mengakses Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM) dari pemerintah.

“Perseroan membuat website khusus yang bisa diakses oleh masyarakat untuk memastikan apakah mendapatkan BPUM dari pemerintah atau tidak,” kata Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto dalam keterangan tertulis yang dikutip TrenAsia.com, Kamis, 22 Oktober 2020.

Menurutnya inovasi tersebut dilakukan untuk menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Masyarakat pun cukup memasukkan nomor Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP untuk mengetahui hasilnya.

Aestika menjelaskan, apabila individu tersebut tercatat mendapatkan BPUM, maka dapat segera mendatangi kantor BRI terdekat dengan membawa identitas diri.

Sementara itu, untuk pencairan dananya, dapat dilakukan selama nasabah telah melengkapi dokumen Surat Pernyataan dan/ kuasa Penerimaan dana BPUM serta Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

Tahapan yang dilakukan secara digital ini diharapkan dapat mengurangi antrean dan potensi kerumuman. Dengan demikian, masyarakat dapat mengecek dari rumah tanpa datang ke kantor cabang BRI.

Hal penting lainnya, lanjut Aestika, secara aktif BRI juga mengirimkan SMS pemberitahuan kepada para penerima bantuan sebagai informasi lanjutan. Namun, khusus bagi penerima BPUM yang tidak memiliki nomor telepon seluler, mereka akan didatangi oleh tenaga pemasar BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam laporan terbaru perseroan, sejak diluncurkan pada 24 Agustus 2020, BRI telah menyalurkan BPUM sebesar Rp10,3 triliun kepada 4,3 juta penerima.

“Perseroan berkomitmen untuk mendukung penuh program ini dengan tujuan untuk memompa kembali denyut nadi perekonomian melalui pelaku usaha mikro,” tuturnya Aestika.