Aktor Song Kang
Hiburan

Aktor "Sweet Home" Song Kang Segera Laksanakan Wajib Militer

  • Di Korea Selatan yang menolak wajib militer akan dikenakan sanksi berupa pidana penjara selama dua tahun. Dan yang lebih berat adalah sanksi berupa kebencian masyarakat
Hiburan
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Sebuah pernyataan resmi dari agensi manajemen Namoo Actors telah mengkonfirmasi bahwa aktor yang sedang naik daun, Song Kang, bintang K-pop di balik kesuksesan serial Netflix "Sweet Home," akan memulai wajib militernya pada 2 April 2024 mendatang. 

Nama Song Kang melambung  setelah debutnya dalam serial TVN "The Liar and His Lover" pada 2017. Serial ini telah membangun reputasinya sebagai salah satu aktor muda paling menjanjikan di industri hiburan Korea Selatan. 

Berusia 29 tahun, ia telah membintangi berbagai genre melalui perannya dalam serial seperti "Nevertheless" (2021) dan "My Demon" (2023).  Dari semua aktingnya tersebut Song Kang berhasil memenangkan hati penonton dengan penampilan memukau dan kemampuan aktingnya yang luar biasa.

Dilansir dari Korea Times, Kamis, 29 Februari 2024, puncak karier Song Kang melejit ketika ia memainkan peran utamanya dalam serial "Sweet Home." Serial ini merupakan hasil adaptasi dari webtoon populer, yang akhirnya membawa Song Kang disorot pangggung internasional dan membuat portofolionya berkembang.

Dengan tanggal wajib militernya yang semakin dekat, penggemar di seluruh dunia menyampaikan dukungannya melalui media sosial. 

Meskipun para penggemar sedih menyaksikan idola mereka mengambil cuti dari dunia hiburan, banyak yang menghormati keputusannya untuk menjalani kewajiban nasionalnya.

Langkah Song Kang untuk menjaga informasi tentang wajib militernya tetap rahasia mencerminkan dedikasinya untuk menjalani masa tugasnya dengan konsentrasi penuh. 

Hal ini juga menunjukkan komitmen Song Kang untuk tidak menimbulkan gangguan yang tidak perlu, dan memberikan contoh positif bagi rekan-rekan seprofesinya.

Para penggemar optimis dan yakin bahwa Song Kang akan kembali dengan lebih banyak keberhasilan setelah menyelesaikan tugas militernya. 

Sembari mengucapkan selamat tinggal sementara pada idola mereka, penggemar di seluruh dunia menyampaikan harapan terbaik untuk Song Kang dalam perjalanan wajib militernya, serta tak sabar menantikan kembalinya bintang muda ini ke dunia hiburan yang gemerlap.

Wajib Militer di Korea Selatan

Untuk diketahui sejumlah negara masih menerapkan wajib militer. Ini  adalah program negara untuk menghadapi situasi yang mengancam kedaulatan negara.

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang mewajibkan warga negaranya yang berjenis kelamin laki-laki untuk ikut program tersebut. Laki-laki berusia 18-28 tahun dicakup dalam kewajiban tersebut. Perempuan juga bisa ikut wajib militer tetapi sifatnya suka rela.

Ada banyak kegiatan yang harus diikuti peserta wajib militer di Korea Selatan.  Mereka mencakup pelatihan dasar, pelatihan fisik, baris-berbaris, dan menembak. Selain itu, juga akan diberikan pelatihan berpidato dengan standar militer yang tegas dan berwibawa. 

Panjang wajib militer berbeda-beda tergantung kelompok militer dan jenis tugas yang didapat, aktif maupun nonaktif. Untuk Angkatan Darat dan Marinir Korea Selatan berdurasi 21 bulan, Angkatan Laut 23 bulan, dan Angkatan Udara 24 bulan.

Tidak peduli siapa dia, termasuk artis yang harus modis salah satu syarat mengikuti wajib militer adalah memotong rambut sesuai standar. Soal rambut ini wajib militer  Korea Selatan memiliki tradisi unik. Yakni menyimpan sisa potongan rambut di kantung coklat. Aturan ini harus dilakukan apabila peserta wajib militer gugur dalam tugas maka kantung coklat tersebut diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan

Di Korea Selatan yang menolak wajib militer akan dikenakan sanksi berupa pidana penjara selama dua tahun. Dan yang lebih berat adalah sanksi berupa kebencian masyarakat. Ini bukan masalah sepele karena masyarakat Korea Selatan ekosistem sangat tinggi dan sensitive. Mereka akan bersikap keras  jika mengetahui ada masyarakat yang menolak dan tidak mengikuti wajib militer.

Namun memang ada keringan untuk profesi seperti aktor, bintang K-pop, dan atlet. Mereka boleh menunda wajib militer dalam jangka waktu tertentu. Bahkan, beberapa atlet bisa bebas dari wajib militer karena berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional. Sebagai contoh pesepak bola Son Heung-Min . Pemain Tottenham Hotspur ini dibebaskan dari wajib militer karena berhasil mengantarkan Korea Selatan menjadi juara Asian Games 2018.