<p>Perusahaan minyak dan gas (migas) milik konglomerat Arifin Panigoro, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) / Facebook @medcoenergi</p>
Korporasi

Akuisisi ConocoPhillips Indonesia, Medco Energi Tingkatkan Target Kinerja pada 2022

  • PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah rampung mengakuisisi saham ConocoPhillips Indonesia Holding LtD (CHIL), dari Philips Internasional Investemnt Inc, anak usaha dari ConocoPhillips Company (COP).
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah rampung mengakuisisi saham ConocoPhillips Indonesia Holding LtD (CHIL), dari Philips Internasional Investemnt Inc, anak usaha dari ConocoPhillips Company (COP).

Berdasarkan keterbukaan Informasi BEI yang dikutip Jumat, 4 Maret 2022, pasca akuisisi ini, manajemen Medco Energi menjelaskan terkait paduan performa perseroan yang ditargetkan perseroan pada tahun 2022.

Medco energi menargetkan peningkatan produksi minyak dan gas perseroan pada tahun 2022 menjadi 155 mboepd, angka ini 40% lebih tinggi dibandingkan dengan kinerja produksi minyak dan gas perseroan per kuartal III-2021 sebesar 93 mnboepd yang menurun akibat rendahnya permintaan gas domestik selama lockdown ekonomi Indonesia.

Kemudian perseroan menargetkan peningkatan penjualan litrik Medco Power sebesar 3.500 GWh, yang mana per September 2021 perseroan menghasilkan penjualan sebesar 2.011 GWh yang didapatkan sekitar 32% dari sumber energi terbarukan.

Selain itu, dari sisi biaya produksi minyak MEDC pada kuartal III-2021 perseroan mencatatkan di bawah US$9,3 per boe, sedangkan pada paduan kinerja tahun 2022 ini, perseroan menargetkan biaya produksi di bawah US$10 per boe.

Sementara itu,  perseroan telah menyiapkan jumlah belanja modal minyak dan gas perseroan pada tahun 2022 sebesar US$275 dan dengan sektor power US$50 juta.

Hilmi Panigoro, Direktur Utama Medco Energi mengungkapkan, penigkatan kinerja dan akuisisi inin bertujuan untuk menangguhkan posisi perseroan sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam di Indonesia.

“Saya senang melihat peningkatan kinerja MedcoEnergi dan dukungan pemangku kepentingan kami untuk perpanjangan PSC Senoro-Toili. Akuisisi Corridor kini memperkuat posisi MedcoEnergi sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam independen terkemuka di Indonesia dan menegaskan kembali komitmen kami terhadap pembangunan nasional,” tegas Hilmi dalam keterangan resmi Jumat, 4 Mret 2022.