elon musk
Nasional & Dunia

Akumulasi Kekayaan 6 Triliuner Dunia Capai Rp15,2 Kuadriliun

  • Kekayaan bersih 6 orang terkaya dunia disebut hampir mancapai US$1 triliun atau kisaran Rp15,2 kuadriliun
Nasional & Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Kekayaan bersih 6 orang terkaya dunia disebut hampir mancapai US$1 triliun atau kisaran Rp15,2 kuadriliun (asumsi kurs Rp15.200 per dolar AS).

Mengutip Bloomberg Billionare Index, kekayaan gabungan dari Elon Musk, Bernard Arnault, Jeff bezos, Bill Gates, Larry Ellison dan Warren Buffet kini menyentuh US$969 miliar atau kisaran Rp14,7 triliun.

Melansir Insider Rabu, 9 Agustus 2023 enam orang terkaya dunia ini dilaporkan mendapat keuntungan dari reli yang luar biasa di saham tahun ini. Sebagaimana diketahui, investor saat ini tengah merayakan penurunan inflasi dan membeli desas-desus seputar kecerdasan buatan.

Lebih rinci, saham teknologi khususnya telah mendorong S&P 500 naik 17% tahun ini dengan mega-caps seperti Tesla dan Amazon masing-masing membukukan 135% dan 63% keuntungan tahun ini.

Rupa-rupa Harta Kekayaan para Miliarder

Menurut data dari Bloomberg Billionare Index, Elon Musk tetap berada di puncak papan peringkat. Nilai sahamnya di Tesla, SpaceX, dan perusahaan lain senilai total US$232 miliar.

Menurut laporan, Musk  sempat menjadi seperempat triliuner pada pertengahan Juli menjelang pendapatan terbaru Tesla. Sayangnya, kekayaannya kembali menyusut sejak saat itu.

CEO Amazon, Jeff Bezos-lah yang melihat lonjakan kekayaan terbesar baru-baru ini setelah Amazon membukukan pendapatan kuartal kedua yang kuat pada hari Jumat. Kekayaan pribadinya membengkak lebih dari US$11 miliar pada hari Jumat. Hal tersebut meningkatkan total kenaikannya tahun ini menjadi lebih dari US$57 miliar.

Sakadar informasi, Bezos adalah pemilik lebih dari 990 juta saham Amazon . Seperti Musk, kekayaan pribadinya terkait erat dengan kinerja pasar saham perusahaannya.

Cerita serupa juga terjadi pada Gates dengan Microsoft miliknya, Ellison dengan Oracle, Buffett dengan Berkshire Hathaway, dan Arnault bersama LVMH.

Secara lebih luas, semua dari 17 orang terkaya di dunia telah melihat kekayaan bersih masing-masing meningkat tahun ini. Sebagian besar berkat keuntungan pasar saham dalam beberapa bulan terakhir.

Namun, angka-angka ini dapat berfluktuasi secara liar. Misalnya, ketika saham Tesla mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada November 2021,  kekayaan bersih Musk diperkirakan mencapai US$340 miliar.

Tapi hanya delapan bulan kemudian turun menjadi US$125 miliar dan menghasilkan pengusaha serial Rekor Dunia Guinness karena kehilangan uang paling banyak dalam setahun.