Korporasi

Akusisi RS Grha Kedoya, Omni Hospitals (SAME) Gelar Private Placement

  • Emiten pengelola Omni Hospitals Milik Grup Emtek, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) berencana melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten pengelola Omni Hospitals Milik Grup Emtek, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) berencana melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement.

Perseroan bakal menerbitkan sebanyak-banyaknya 1.712.963.255 saham baru atau maksimum 10% dari seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan dengan memperhatikan ketentuan POJK Nomor 14 Tahun 2019.

“Saham yang akan dikeluarkan oleh perseroan adalah saham atas nama dengan nilai nominal yang sama dengan nilai nominal saham Perseroan yang telah dikeluarkan, yaitu Rp 20 per saham,” dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu, 18 September 2021.

Rencananya, dana hasil emisi akan digunakan perseroan sepenuhnya untuk investasi serta memperkuat modal kerja dan pengembangan usaha. Namun, perseroan mengaku masih proses menemukan calon pemodal eksternal yang akan berpartisipasi dalam PMTHMETD tersebut.

SAME turut memastikan bahwa calon pemodal tersebut tidak memiliki hubungan afiliasi dengan perseroan. Sedangkan, para pemegang saham akan mengalami penurunan (dilusi) kepemilikan saham sebanyak-banyaknya 9,09% akibat dari aksi korporasi ini.

Untuk memuluskan rencana tersebut, perseroan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 26 Oktober 2021. Dapal rapat tersebut, akan diputuskan kelanjutan private placement yang bakal ditemput SAME.

Wacana PMTHMETD Omni Hospitals sejalan dengan bergulirnya proses akuisisi mayoritas saham pengelola RS Grha Kedoya, PT Kedoya Adyaraya Tbk (RSGK). Aksi private placement disinyalir sebagai jalan perseroan untuk mendanai proses akuisisi tersebut.

Sebelumnya, Sarana Meditama Metropolitan (SAME) mengumumkan telah melakukan pembelian 167,34 juta saham RSGK atau sekitar 18% porsi saham. Nilai transaksi pembelian saham tersebut diperkirakan sebesar Rp287,82 miliar.

Proses pembelian saham kemungkinan besar masih akan terus berlangsung. Pasalnya, Sarana Meditama Metropolitan sendiri menargetkan akuisisi mayoritas saham RS Grha Kedoya dengan total kepemilikan saham mencapai 66%.