Penandatanganan pemberian fasilitas pembiayaan dilaksanakan di kantor PT SMI di Sahid Sudirman Center, Jakarta, pada tanggal 13 November 2023.
Nasional

Alam Energy Terima Pembiayaan Rp41 Miliar

  • Pembiayaan yang dilakukan akan memungkinkan produsen dan pelanggan lain di Indonesia untuk mengubah sebagian konsumsi listrik mereka menjadi sumber energi terbarukan.
Nasional
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - PT ATW Alam Hijau (Alam Energy) telah menerima pembiayaan sebesar Rp 41 miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) untuk pengembangan, pembangunan dan pengoperasian instalasi tenaga surya bagi pelanggan industri di Indonesia.

Alam Energy merupakan perusahaan patungan antara Shizen Energy Inc. (Shizen Energy), Alamport Inc. dan NiX JAPAN Co., Ltd. dengan ATW Group. Perusahaan ini bergerak di bidang penjualan dan konstruksi peralatan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Indonesia, 

Pembiayaan tersebut merupakan salah satu pembiayaan berbasis proyek pertama dari PT SMI, sebuah lembaga keuangan Indonesia di bawah naungan Kementerian Keuangan Indonesia untuk portofolio pembangkit listrik tenaga surya Commercial & Industry (C&I). 

Acara penandatanganan pemberian fasilitas pembiayaan dilaksanakan di kantor PT SMI di Sahid Sudirman Center, Jakarta, pada  13 November 2023 dan ditandatangani oleh Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI Sylvi J. Gani dan Direktur Utama PT ATW Alam Hijau Soichiro Nishimori.

Soichiro Nishimori dalam keterangan resmi pada Rabu, 29 November 2023 menyatakan komitmen Alam Energy dalam mendukung pelanggan industri dan komersial yang membutuhkan energi terbarukan serta listrik yang terjangkau di Indonesia. 

Pembiayaan yang dilakukan akan memungkinkan produsen dan pelanggan lain di Indonesia untuk mengubah sebagian konsumsi listrik mereka menjadi sumber energi terbarukan. “Sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca dari operasi bisnis mereka dan berkontribusi terhadap tujuan pemerintah Indonesia untuk menjadi netral karbon pada tahun 2060,” ujar Soichiro Nishimori.

PT SMI juga mengungkapkan dukungannya dalam akselerasi transisi energi di Indonesia, salah satunya lewat fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada Alam Energy. 

“Kami bertekad mendukung pengembangan sektor energi terbarukan, dalam hal ini Rooftop Photovoltaic Solar Panel. Kami berharap dapat menggali lebih jauh potensi pembiayaan infrastruktur panel surya lainnya di Indonesia”, sebut Sylvi J. Gani.