PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) bersama dengan Central Group tengah menggarap kawasan hunian Central Hills dengan konsep integrated township pertama di Batam seluas 55 hektare.
Properti

Alam Sutera (ASRI) Kembangkan Kawasan Hunian Terintegrasi Pertama di Batam

  • PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) bersama dengan Central Group tengah menggarap kawasan hunian Central Hills.
Properti
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) bersama dengan Central Group tengah menggarap kawasan hunian Central Hills dengan konsep integrated township pertama di Batam seluas 55 hektare.

Tak hanya dibekali fasilitas lengkap, salah satu daya tarik utama Central Hills adalah lokasinya yang strategis. Hanya dalam waktu 10 menit, penghuni dapat mencapai rumah sakit terdekat, sekolah, pasar dan Bandara Hang Nadim.

Alam Sutera memperkenalkan hunian ini di Alam Sutera Property Expo 2023 yang digelar  pada 10 November hingga 26 November 2023, di The Atrium Mall@Alam Sutera. Pameran ini diadakan guna memperkenalkan dan menawarkan produk-produk berkualitas kepada publik dengan memberikan berbagai kemudahan serta manfaat bagi calon pembeli hunian.

Setiap booth juga memiliki promo dan penawaran menarik yang khusus dihadirkan di Alam Sutera Property Expo 2023, termasuk kesempatan berkonsultasi dalam pemilihan hunian yang tepat dan sesuai kebutuhan.

CEO Central Group Princip Muljadi selaku CEO Central Group mengungkapkan Central Hills mengusung konsep kota mandiri pertama di Batam. "Selama pameran, kami fokus memasarkan klaster ketujuh dari Central Hills yakni Sanctuary Ville,” kata Princip.

Kinerja ASRI Kuartal III-2023

Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan Alam Sutera, perusahaan properti dengan kode emiten ASRI ini berhasil membukukan marketing sales sebesar Rp1,5 triliun hingga September 2023 atau 48,4% dari target tahun ini.

Adapun proyek-proyek yang berkontribusi terhadap marketing sales tersebut antara lain The Gramercy dan Cluster Nykka yang berlokasi di Alam Sutera township, Cluster Basanta dan Cluster Helios yang berlokasi di Suvarna Sutera, dan penjualan kavling komersial.

Dari sisi keuangan, ASRI berhasil membukukan total pendapatan sebesar Rp2,48 triliun pada kuartal III-2023. Adapun komponen pendapatan terbanyak berasal dari penjualan sektor real estate sebesar Rp1,92 triliun atau sebesar 77,3% dari total penjualan.

Selain itu, ASRI juga mencatat laba bruto pada kuartal III-2023 sebesar Rp1,33 triliun dengan marjin laba bruto sebesar 53,5%. Lalu dari segi EBITDA selama 12 bulan terakhir berada di angka Rp2,18 triliun.

Asal tahu saja, EBITDA tersebut mengalami peningkatan sebesar 16,6% secara tahunan. Alhasil, perseroan berhasil mencatatkan laba komprehensif periode berjalan sebesar Rp212,1 miliar pada kuartal III-2023 dengan net profit margin di 8,5%.

Sebagai informasi, hingga September 2023, perseroan telah meluncurkan empat proyek baru yaitu Escala yang berlokasi di Alam Sutera township dan Cluster Basanta, Cluster Meranti tahap 2, dan Ruko Evergreen yang berlokasi di Suvarna Sutera. Dengan demikian, pada tahun ini ASRI telah meluncurkan 5 proyek properti termasuk The Gramercy yang berlokasi di Alam Sutera township.