<p>Maskapai Penerbangan AirAsia Indonesia akan kembali terbang terbatas pada 19 Juni 2020. / Facebook @AirAsiaIndonesia</p>
Transportasi dan Logistik

Alasan AirAsia Pindahkan Terminal Penerbangan Domestik di Bandara Soekarno-Hatta

  • Penerbangan domestik AirAsia di Bandara Soekarno-Hatta akan dialihkan ke Terminal 2, pintu 1 dan 2. Kebijakan itu berlaku efektif per tanggal 6 Desember 2023.
Transportasi dan Logistik
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Emiten penerbangan PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) akan memindahkan terminal penumpang penerbangan domestik dari Terminal 1A menuju Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. 

Direktur Utama AirAsia Veranita Yosephine mengumumkan bahwa semua penerbangan domestik AirAsia di Bandara Soekarno-Hatta akan dialihkan ke Terminal 2, pintu 1 dan 2. Kebijakan itu berlaku efektif per tanggal 6 Desember 2023 mendatang.

“Perpindahan penerbangan AirAsia ke Terminal 2 bertujuan untuk memberikan dan menjaga mutu pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan AirAsia di Indonesia,” jelas Vera dalam keterangan resminya dikutip Kamis, 30 November 2023. 

Ia menambahkan bahwa penumpang rute domestik dapat mengakses konter nomor 41 hingga 48 di area keberangkatan Terminal 2 pintu 1 dan 2 Bandara Soekarno-Hatta untuk melakukan penurunan bagasi, proses check-in, dan mendapatkan layanan lainnya.

Vera menjelaskan bahwa pemilihan Terminal 2 sebagai lokasi baru bertujuan untuk menjamin pengalaman perjalanan yang lebih efisien dan optimal bagi penumpang setia AirAsia. Hal ini juga untuk meningkatkan kenyamanan penumpang saat melakukan koneksi antara penerbangan internasional dan domestik.

Untuk menjamin kelancaran proses perpindahan ini, kata Vera, tim personel AirAsia akan berada di lapangan, siap memberikan bantuan dan petunjuk kepada penumpang selama fase perpindahan dari Terminal 1A ke Terminal 2, pintu 1 dan 2.

Selain itu, untuk makin menambah kenyamanan pelanggan, AirAsia bakal menyiapkan layanan shuttle guna mengantisipasi perpindahan penumpang menuju terminal keberangkatan dan kedatangan yang baru.  

Vera menambahkan untuk penumpang dengan dengan rute penerbangan internasional tidak akan mengalami perubahan dan tetap beroperasi seperti biasanya, yakni di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta. 

Pihaknya meyakini masa transisi perpindahan ini akan berjalan dengan lancar, dan ia yakin bahwa seluruh pelanggan AirAsia tidak akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan perjalanan penumpang.

“Indonesia AirAsia tetap teguh dalam komitmennya untuk memberikan pengalaman perjalanan yang unggul, dan perpindahan terminal ini adalah langkah penting untuk mencapai tujuan tersebut," kata Vera.

Vera kepada  menyarankan seluruh calon penumpang dapat memeriksa email dan SMS untuk mendapatkan notifikasi terkait perubahan ini, serta check-in dan mencetak kembali boarding pass nya melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp) atau situs web airasia.com.