Ilustrasi WSBK di Mandalika.
BUMN

Alasan InJourney Ingin Mundur dari Event WSBK

  • InJourney, holding BUMN pariwisata menyatakan keengganannya menyelenggarakan event World Superbike (WSBK) tahun depan dari Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
BUMN
Ashari Purwo

Ashari Purwo

Author

JAKARTA—InJourney, holding BUMN pariwisata menyatakan keengganannya menyelenggarakan event World Superbike (WSBK) tahun depan dari Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Direktur Utama (Dirut) InJourney Dony Oskaria mengungkapkan keengganan tersebut bukan tanpa alasan dan demi kepentingan perusahaan yang lebih baik. “Ini dalam rangka menyehatkan keuangan perusahaan,” katanya.

Untuk itu, paparnya, Injourney mengusulkan untuk menghapus event World Superbike (WSBK) tahun depan dari Mandalika. Pasalnya ajang ini disebut menelan kerugian hingga Rp100 miliar, dan tidak menarik bagi investor untuk masuk menjadi sponsor.

"Adanya kerugian tebesar di Mandalika itu di WSBK. Kami akan negosiasi menghilangkan WSBK. Jadi nanti cost kita akan turun. Karena jujur itu eventnya tidak menarik," lanjut Dony.

Selain WSBK ajang MotoGP juga disebut-sebut merugi atau menimbulkan gap antara pemasukan dan biaya operasional sebesar Rp50 miliar. Namun Dony masih memutar otak untuk menutupinya dengan mencari sponsor yang optimal agar gap tidak semakin melebar.

Dalam WSBK yang diselenggarakan Injourney, memang menjadi musim yang mendebarkan, dengan sejumlah pembalap dan tim baru bersaing memperebutkan gelar juara. Mandalika sendiri akan menggelar perdana WSBK di Indonesia.

Sirkuit Mandalika

Mandalika International Street Circuit merupakan trek anyar yang terletak di Lombok, NTB, Indonesia. Lintasannya sepanjang 4,3 kilometer dan memiliki 17 tikungan, menjadikannya sirkuit yang menantang bagi pengendara. Treknya juga diharapkan sangat cepat, dengan kecepatan tertinggi lebih dari 300 kilometer per jam.

Selain ajang balapan, juga akan digelar sejumlah kegiatan lain di babak WSBK Mandalika. Kegiatan ini akan mencakup konser, festival makanan, dan acara budaya. Putaran WSBK Mandalika pasti akan menjadi acara yang tak terlupakan bagi semua yang terlibat.

Adapun InJourney merupakan inisiatif baru pemerintah untuk memajukan pariwisata di Indonesia. Inisiatif tersebut merupakan kerja sama beberapa BUMN, antara lain PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Garuda Indonesia, PT Pelni, dan PT Angkasa Pura I.

BUMN InJourney memang masih dalam tahap awal, namun berpotensi sukses besar. Inisiatif ini mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia, dan didukung oleh beberapa perusahaan terbesar di Indonesia. Jika BUMN Injourney berhasil, bisa membantu mendongkrak pariwisata di Indonesia dan menciptakan lapangan kerja.