Direktur Utama PT Aldiracita Sekuritas Rudy Utomo.
Industri

Aldiracita Sekuritas Jamin Emisi Obligasi Senilai Rp18,2 T di 2022, Terbesar Ketiga

  • Dengan capaian tersebut, Aldiracita Sekuritas telah meraih pangsa pasar hingga 11,79%. Tidak hanya itu, Bloomberg pun mencatut Aldiracita Sekuritas sebagai underwriter obligasi dan sukuk dengan penjaminan terbesar ketiga di Indonesia. Pada tahun sebelumnya, Aldiracita Sekuritas menempati peringkat ke-15.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Selama tahun 2022, PT Aldiracita Sekuritas Indonesia telah melakukan penjaminan emisi (underwriter) obligasi dan sukuk dengan nilai hampir sebesar Rp18,2 triliun.

Dengan capaian tersebut, Aldiracita Sekuritas telah meraih pangsa pasar hingga 11,79%. Tidak hanya itu, Bloomberg pun mencatut Aldiracita Sekuritas sebagai underwriter obligasi dan sukuk dengan penjaminan terbesar ketiga di Indonesia. Pada tahun sebelumnya, Aldiracita Sekuritas menempati peringkat ke-15.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI) total emisi obligasi dan sukuk yang tercatat sepanjang 2022 yakni sebanyak 117 emisi dari 73 emiten dengan total nilai Rp147 triliun.

Sementara itu, per-Maret 2023, total emisi obligasi dan sukuk yang telah dicatat oleh BEI yakni sebanyak 22 emisi dari 21 emiten senilai Rp27,46 triliun.

Rudy mengatakan, per-13 Maret 2023, Aldiracita Sekuritas pun menorehkan kinerja yang baik hingga tercatat sebagai underwriter obligasi dengan porsi penjaminan terbesar pertama di Indonesia dengan peraihan pangsa pasar sebesar 13,73% untuk penjaminan obligasi.

Untuk diketahui, hingga Maret 2023, Aldiracita Sekuritas mencatatkan nilai transkasi obligasi sebesar Rp2,8 triliun dan membuat Aldiracita menempati peringkat ke-1 Bloomberg Indonesia Bonds League Table.

Untuk mempertahankan posisi sebagai salah satu underwriter dengan porsi penjaminan yang cukup jumbo, Aldiracita Sekuritas menaruh komitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dalam membantu para pelaku industri dalam melaksanakan kegiatan di pasar modal, di antaranya penerbitan obligasi dan sukuk.

Aldiracita Sekuritas juga dikatakan Rudy akan terus berkontribusi dalam peningkatan literasi dan inklusi melalui aplikasi trading online milik perusahaan bernama STRIVE. Aplikasi ini diharapkan dapat terus berperan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berinvestasi efek.

"Kami berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dalam membantu para pelaku industri dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas di pasar modal, salah satunya penjaminan emisi efek," ujar Rudy melalui keterangan yang diterima TrenAsia, Sabtu, 29 April 2023.

Sebagai informasi, Aldiracita Sekuritas adalah perusahaan efek yang menyediakan jasa perantara perdagangan efek bersifat ekuitas dan efek bersifat utang serta jasa penjamin emisi efek.

Selain itu, Aldiracita Sekuritas juga menyediakan jasa penasihat (advisory) dalam membantu mempersiapkan serta menyelenggarakan penawaran umum dan terbatas serta aksi korporasi lainnya. Aldiracita juga berperan sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).